Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Modern

547 views

Perkembangan zaman yang serba modern memang memberikan banyak sekali pengaruh yang sangat besar, terutama dalam hal teknologi informasi dan komunikasi. Pasalnya, kedua sistem teknologi ini memiliki hubungan yang sangat erat dalam memajukan bangsa. Bahkan dengan canggihnya alat komunikasi yang dibuat untuk media dalam menyampaikan informasi ini sudah sangat jelas bahwa pengertian teknologi informasi dan komunikasi ini memang sudah dibuat menjadi suatu sistem yang satu. Berbagai pakar ahli teknologi memberikan pengertian yang berbeda-beda mengenai kedua sistem teknologi tersebut. Nah, untuk mengetahui seperti apa penjelasan yang diungkapkannya, Anda bisa baca penjelasannya berikut ini.

pengertian teknologi informasi dan komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Para Ahli

Teknologi komunikasi dan informasi seringkali digunakan setiap orang di kehidupannya sehari-hari. Dalam menjalankan sistem tersebut tentunya seseorang akan menggunakan alat untuk media menyampaikan dan menerima informasi yang ada. Alat yang digunakan oleh seseorang dalam menerima informasi dan komunikasi tersebut ini bisa dari komputer, tv, telephone, dan masih banyak lagi yang lainnya. Akan tetapi sebenarnya apa tujuan diciptakannya kedua sistem tersebut? Fungsi akan sistem komunikasi dan teknologi sangat jelas bahwa kedua sistem tersebut akan memudahkan siapa saja yang menggunakannya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca beberapa pengertian dan tujuan dari pakar ahli teknologi dalam mengartikan kedua sistem tersebut.

Menurut Eric Deeson, pengertian teknologi informasi dan komunikasi ini merupakan suatu kebutuhan setiap manusia untuk mengambil serta memindahkan, memproses dan mengolah berbagai informasi, baik itu berupa informasi yang berkaitan dengan konteks keuntungan diri ataupun keuntungan dengan masyarakat yang lainnya secara formal/menyeluruh.

Sedangkan menurut Puskur Diknas Indonesia, teknologi informasi dan komunikasi ini diartikan sebagai suatu padanan akan tidak terpisahkannya kedua sistem yang memang memiliki arti dan maksud luas mengenai berbagai kegiatan/hal yang terkait dengan proses pengolahan, manipulasi, dan pemindahan atau transfer informasi dengan berbagai media yang ada.

Berbeda lagi pengertian teknologi komunikasi dan informasi dari pakarnya yaitu Susanto, menurut beliau kedua teknologi ini merupakan suatu alat/media dalam cara membantu seseorang untuk pemindahan atau transfer data baik itu data yang berkaitan dengan orang lain, atau media yang digunakan untuk alat komunikasi dua arah maupun satu arah.

Ketiga pakar ahli dalam sistem komunikasi dan informasi di atas memiliki makna yang sama, bahwasanya pengertian teknologi informasi dan komunikasi ini memang digunakan sebagai alat maupun media dalam memberikan berbagai informasi, alat komunikasi, dan cara untuk memudahkan penggunanya dalam memberi berita penting baik satu arah atau dua arah dengan jalan yang cepat. Menggunakan sistem teknologi informasi dan komunikasi yang sekarang ini dibuat selain mempercepat dan memudahkan, teknologi ini juga mampu untuk menyampaikan pesan bukan hanya dalam bentuk suara, tapi juga bisa dalam bentuk teks maupun video.