Pengertian Tanggung Jawab Menurut Para Ahli Hukum

3447 views

Pengertian Tanggung Jawab Menurut Para Ahli Hukum Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tanggung jawab merupakan rasa yang diperlukan untuk membangun kedewasaan diri. Selain itu, tanggung jawab akan dimiliki oleh manusia yang mempunyai bekal sikap jujur dan adil pada dirinya sendiri. Tanggung jawab juga berarti pula rasa sadar untuk menerima sanksi ketika sengaja atau tanpa sengaja telah melakukan sesuatu yang merugikan orang lain. Pengertian tanggung jawab menurut para ahli hukum adalah:

pengertian tanggung jawab menurut para ahli hukum

  1. Sugeng Istanto

Menurut ahli hukum di Indonesia ini, pertanggungjawaban atau rasa tanggung jawab berarti kewajiban untuk memberikan jawaban, merupakan perhitungan sebab semua hal yang telah terjadi dan kewajibannya untuk memberikan dan melakukan pemulihan atas semua kerugian yang mungkin timbul. Jadi menurut tokoh satu ini, pertanggungjawaban adalah suatu bentuk konsekuensi yang mesti dilakukan untuk membayar sebuah kesalahan. Jika kita analogikan maka, ketika tidak ada kesalahan yang dilakukan dan tidak pula menyalahi pihak lain, maka pertanggungjawaban bersifat bebas, atau tidak dituntutkan pada pihak pertama.

  1. Joseph P Harris

Jospeh P Harris merupakan seorang ahli dari Amerika yang memiliki concern pada perkembangan aspek hukum kontemporer. Baginya, pertanggungjawaban sebuah negara atau yang biasa disebut responsibility of states mengandung aspek kewajiban dari dalam bagian suatu negara untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi karenanya atau dihasilkan dari serangan yang dilakukan dalam wilayah yurisdiksi negara itu sendiri dan melawan anggota lain dari komunitas internasional yang dia akui. Hampir sama dengan pendapat Sugeng Istanto, meskipun dalam konteks yang berbeda, tanggung jawab (dalam konteks negara) adalah suatu usaha menebus kesalahan sebab kekeliruan yang telah terjadi dan merugikan baik negaranya sendiri ataupun dunia internasional.

Nah, itu tadi pengertian tanggung jawab menurut para ahli hukum, bagaimana pengertian tanggung jawab menurut Anda?