Pengertian Strategi Pembelajaran

493 views

Dalam kegiatan belajar mengajar tentunya, akan banyak kondisi dan situasi yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Sebagai pengajar yang berkualitas tentunya selalu siap dan mampu mengatasinya. Namun sebagai pengajar tentunya paham akan pengertian strategi pembelajaran dan mampu mengaplikasikannya di kelas. Berikut ini akan kami bagikan penjelasan mengenai definisi strategi pembelajaran untuk sebagai dasar mengajar yang tepat.

pengertian strategi pembelajaran

Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Suatu pendekatan merupakan cara yang dilakukan untuk menciptakan proses pembelajaran yang dapat menjadikan pemahaman bagi peserta pembelajaran. Pengertian strategi pembelajaran ini juga sebagai tindak perencanaan yang terdiri dari rangkaian kegiatan yang dirancang untuk memaksimalkan tujuan pendidikan. Terdapat beberapa definisi yang bisa dijabarkan dari strategi pembelajaran tersebut, dimana berdasarkan Kemp menyatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, sedangkan siswa merupakan tujuan pembelajaran yang dapat dicapai secara efektif dan efiesien.

Berbeda dengan pendapat Rowntree dan Wina Sanjaya, dimana strategi pembelajaran dibagi menjadi dua bagian, sebagai strategi pembelajaran penemuan dan strategi pembelajaran kelompok dan juga individu. Dimana strategi dapat diartikan sebagai bentuk perencanaan dalam mencapai sesuatu, sedangkan metode adalah cara yang digunakan dalam melaksanakan strategi.

Pengertian strategi pembelajaran merupakan pola-pola umum kegiatan guru dan juga siswa dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar tertentu. Menurut Newman dan Logan terdapat empat unsur strategi dalam setiap usaha, dimana salah satunya adalah mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi output maupun target yang harus dicapai, dimana tetap mempertimbangkan pendapat dan argumen masyarakat yang memerlukan. Selain itu juga diperlukan pertimbangan dalam memilih cara atau jalan dalam melakukan pendekatan utama yang paling efektif untuk mencapai sasaran. Unsur selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan dan menerapkan langkah-langkah yang akan ditempuh sejak awal mula hingga tercapainya tujuan. Selanjutnya adalah dengan menetapkan tolok ukur dalam penilaian taraf keberhasilan.

Dalam menjalankan strategi pembelajaran berdasarkan Gerlach dan Ely dinyatakan bahwa terdapat peran serta dari pembelajaran diantaranya sifat, lingkup dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik. Dimana mereka mendefinisikan pengertian strategi pembelajaran sebagai strategi yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Di sisi lain pemaknaan strategi pendidikan oleh Dick dan Carey terdapat beberapa bagian diantaranya terdiri dari beberapa bagian materi pembelajaran dan prosedur kegiatan belajar yang digunakan oleh pengajar dalam membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian strategi pembelajaran bukan hanya sebatas prosedur ataupun tahapan belajar, namun juga bagian dari pengaturan materi atau paket program yang akan disampaikan oleh peserta didik. Nah itulah pemaparan beberapa definisi strategi pembelajaran, semoga bermanfaat.