Pengertian Sistem Informasi dan Komponen Pentingnya

773 views

Secara luas, sistem informasi diartikan sebagai suatu sistem informasi yang digunakan seseorang untuk melakukan interaksi antar sesama orang, algoritmik, proses, teknologi dan juga data. Pengertian sistem informasi juga bisa dimaksudkan untuk suatu sistem dalam menyediakan informasi pada manajemen pengambilan kebijakan atau keputusan, serta digunakan untuk menjalankan suatu teknologi informasi, operasional kombinasi orang, dan suatu prosedur yang telah terorganisasi. Dengan kata lain, bahwasanya sistem informasi ini akan berkaitan dengan teknologi informasi serta aktivitas seseorang yang dalam pelaksanaannya ini akan menggunakan teknologi dalam cara mendukung manajemen maupun operasi yang akan dijalankannya.

pengertian sistem informasi

Dari penjelasan di atas, sudah bisa diambil kesimpulan bahwasanya sistem informasi ini merupakan kumpulan dari berbagai orang yang ahli di bidang informatika dan teknologinya dalam mengembangkan manajemen dan operasi yang akan dikerjakannya. Semua orang yang bekerja di dalamnya tentunya ini akan memiliki misi dan visi yang sama sehingga tujuan akan harapan yang diinginkannya inilah yang akan diwujudkan. Dalam menjalankan sebuah sistem informasi tentunya ini memiliki banyak sekali perdebatan pendapatan karena banyaknya orang dari berbagai sifat dan karakter. Tapi itu tidaklah menjadi masalah karena tujuan utama dalam mengembangkan dan memajukan apa yang menjadi keinginannya inilah yang menjadi pokok dari inti pembahasan.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Berbagai ahli sistem informasi yang sudah menggunakan sistem tersebut dalam manajemen dan operasinya, menurut mereka pengertian sistem informasi ini berbeda-beda. Tapi walau kalimat dan kata yang diungkapkannya berbeda, inti dari penggunaan sistem informasi yang mereka terapkan ini hampir sama. Nah, untuk mengetahui seperti apa pengertian yang diungkapkan oleh para ahli mengenai sistem informasi Anda bisa lihat dan baca keterangannya berikut.

John F. Nash, beliau mengungkapkan bahwa sistem informasi adalah suatu kombinasi dari fasilitas, manusia maupun alat teknologi, prosedur, media dan pengendalian atas maksud tertentu dalam menata suatu jaringan komunikasi yang sangat penting, dimana proses serta transaksinya akan dilakukan secara rutin dan tertentu. Sistem informasi yang digunakan ini juga akan membantu manajemen serta pemakai intern maupun ekstern dengan menyediakan bahan dasar atas pengambilan suatu keputusan yang tepat.

Henry Lucas, menurut beliau pengertian dari sistem informasi adalah kegiatan dari suatu prosedur yang diorganisasikan, dan apabila prosedur tersebut dieksekusi maka akan menyediakan suatu informasi pendukung dalam mengambil suatu keputusan serta pengendalian di dalamnya.

Robert A. Leitch, beliau mengartikan sistem informasi sebagai suatu sistem di dalam organisasi, yang mempertemukan akan kebutuhan pengolahan dari suatu transaksi harian. Sistem tersebut akan mencakup suatu operasi yang bersifat manajerial serta juga bisa digunakan untuk suatu kegiatan strategi dalam organisasi dan juga bisa digunakan untuk menyediakan berbagai laporan penting dari pihak luar.

Alter, ahli sistem informasi lainnya mengemukakan akan pengertian dari sistem informasi ini berkaitan dengan tipe khusus dari suatu sistem kerja, dimana manusia dan atau mesin yang akan digunakannya dalam pekerjaan ini akan menggunakan sumber daya dalam memproduksi produk-produk tertentu, baik itu jasa atau yang lainnya untuk pelanggan.

Ke semua pengertian dari sistem informasi di atas tentunya akan mampu berjalan dengan baik dengan adanya komponen penting dari sistem informasi tersebut. Dan komponen sistem informasi yang bisa digunakan adalah data input, model informasi, output, teknologi yang digunakan, basis datanya, dan cara mengontrolnya. Nah, dari pengertian sistem informasi yang ada begitu juga yang sudah dijabarkan oleh ahlinya, maka semua sistem akan mampu berjalan dengan baik jika pengguna bisa menggunakan kompenennya dengan baik pula.