Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Dalam Berbisnis

614 views

Dalam menjalankan suatu bisnis supaya sistem manajemen keuangannya dapat diatasi dan tertata rapi, tentunya setiap orang yang bersangkutan di dalamnya harus mengetahui dan juga paham akan pengertian sistem informasi akutansi yang memang harus dimilikinya. Ya, ilmu akutansi memang harus dimiliki bagi setiap orang yang suka berbisnis dan ingin menjalankan bisnisnya supaya terorganisasi dan tertata dengan rapi. Memahami akan sistem informasi yang berkaitan dengan akutansi ini akan memberikan banyak sekali keunggulan dan juga keuntungan bagi Anda yang ingin berbisnis. Dan untuk memahamkan Anda mengenai sistem informasi akutansi tersebut, Anda bisa baca penjelasan berbagai pakar ahlinya berikut ini.

pengertian sistem informasi akuntansi

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli Terbaru

Pakar terbaru ahli sistem informasi akuntansi memberikan banyak sekali penjelasan yang ada kaitannya dengan informasi akuntansi. Memahami dan mengetahui dahulu apa pengertian dari sistem informasi akutansi tentunya ini akan semakin memudahkan Anda dalam menyusun strategi dan cara jitu supaya keuangan Anda dalam berbisnis mampu tertata dan tersusun dengan tanpa ada kerugian. Tapi tidaklah mungkin jika dalam berbisnis ini tidak akan ada ruginya. Akan tetapi dengan memahami dan mengetahui arti ilmu informasi akutansi Anda bisa lebih berhati-hati dan meminimalisir pengeluaran biaya yang dibutuhkan.

Berbagai pakar ahli informasi akutansi, mereka memberikan banyak sekali penjelasan yang terkait dengan pengertian sistem informasi akutansi. Walaupun penjelasan akan arti dari sistem tersebut berbeda-beda, tapi makna dari arti tersebut masih bisa dibilang sama.

  • menurut Cerullo dan Wilkinson, pengertian sistem informasi dari akutansi ini diartikan sebagai sebuah struktur dalam cara menyatukan identitas untuk sumber daya fisik dan komponen dalam merubah data transaksi keuangan dengan tujuan memenuhi kebutuhan para penggunanya. Secara garis besar, sistem informasi akutansi yang diberikan ini memiliki wujud akan sistem informasi yang formal, dengan adanya tujuan, tahapan, tugas, penggunaan serta sumber daya dalam mencakup semua hal yang dikerjakan di dalam perusahaan.
  • menururt William S. Hopwood dan George H. Bodnar, mereka mengemukakan bahwa pengertian sistem informasi akan akutansi ini terkait dengan kumpulan sumber daya seperti peralatan dan manusia. Kedua hal ini diatur untuk mengubah suatu data supaya menjadi informasi yang terkait dengan akutansi dengan tujuan agar bisa mengambil suatu keputusan.
  • menurut Mulyadi, sistem informasi akutansi diartikan sebagai organisasi formulir, laporan, dan catatan yang dikoordinasikan untuk bisa menyediakan suatu informasi mengenai keuangan yang akan dibutuhkan oleh pihak manajemen dalam memudahkan mengelola suatu perusahaan dalam berbisnis.
  • menurut Niswonger, Warren, dan Fess, ketiga pakar sistem informasi akan akutansi ini menjelaskan bahwa sistem informasi akutansi terkait dengan suatu sarana yang akan berguna untuk manajemen dalam mendapatkan informasi penting bagi suatu perusahaan untuk menyusun laporan keuangan seperti pemilik perusahaan, kreditor maupun pihak yang lainnya.

Dari keempat pakar ahli sistem informasi akutansi, pengertian sistem akutansi sudah sangat jelas bahwa ini dilakukan untuk mendapatkan berbagai informasi penting yang terkait dengan masalah keuangan. Pengertian sistem informasi akutansi tentunya ini memang akan memberi banyak keuntungan bagi perusahaan jika manajemen mampu menerapkan sistem yang tepat saat pelaksanaannya.