Pengertian Seni Tari Dari Berbagai Sumber

831 views

Pengertian seni tari pada umumnya belum banyak dipahami oleh masyarakat. Seperti halnya ilmu-ilmu lain kecuali ilmu eksak, sangat sulit menentukan definisi dari seni tari. Memang sudah banyak ahli yang merumuskan pengertian mengenai tari, tetapi definisi tersebut masih bersifat subjektif. Maksudnya, subjektifitas dan sudut pandang dari pembuat definisi masih turut dalam arti seni tari. Semisal pembuat definisi adalah pakar psikologi, tentu definisi tari yang diciptakan sesuai dengan dasar ilmu psikologi. Jika ahli definisi berasal dari ranah ilmu antropologi, pasti membuat pengertian dengan batasan ilmu antropolog. Tidak berbeda dengan ahli sejarah yang akan membuat definisi sesuai dengan pengetahuan sejarah yang dimiliki.

pengertian seni tari

Definisi yang dikeluarkan beberapa ahli tidak ada yang salah. Semua definisi tersebut dapat dipertanggungjawabkan oleh si pembuat yang menempatkan tari sesuai proporsi ilmu yang dikuasai. Jika melihat perkembangan tari dari masa lampau hingga sekarang, tari menyangkut segi kehidupan manusia yang kompleks. Tari tidak lepas dari sangkut paut magis, agama, musik, sastra, drama, seni rupa, seni gerak, dan lain sebagainya. Apabila definisi yang tercetus tidak dapat memuat ke semua unsur tersebut, berarti definisi itu belum dapat dikatakan menggambarkan seni tari. Untuk dapat mencakup proporsi yang dimaksudkan, tari ditempatkan sebagai cabang dari kebudayaan. Sedangkan unsur paling utama dalam seni tari adalah gerakan.

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Gerakan-gerakan dalam tari mengandung pesan dari penciptanya untuk disampaikan kepada penonton. Pesan dalam tarian dapat ditangkap dengan indera penglihatan, dimana keindahannya dapat dinikmati dari gerakan gemulai penari yang diiringi alunan musik dengan ritme teratur. Selain uraian di atas, terdapat pengertian seni tari yang pernah dikemukakan oleh para ahli. Menurut Kamala Devi Chattopadhyaya seorang reformis dari India mengemukakan, seni tari adalah suatu instinct atau desakan emosi didalam diri kita yang mendorong kita untuk mencari ekspresi pada tari. Corrie Hartong seorang tokoh wanita Belanda berkata, tari adalah gerak-gerak yang diberi bentuk dan ritmis dari badan di dalam ruang.

Pengertian seni tari menurut Pangeran Suryodiningrat adalah gerak dari seluruh anggota tubuh manusia yang disusun selaras dengan irama musik serta mempunyai maksud tertentu. Seorang ahli berkebangsaan Jerman bernama Curt Sachs yang terkenal dengan buku terbitannya yang berjudul World History Of The Dance turut menyumbangkan definisi mengenai seni tari. Beliau memiliki definisi singkat mengenai seni tari, pemahaman seni tari yang beliau tuliskan pada bukunya yaitu tari adalah gerak yang ritmis. Sementara itu pengertian tari menurut Soedarsono adalah ekspresi perasaan tentang sesuatu lewat gerak ritmis yang indah yang telah mengalami stilisasi atau distorsi. Semoga beberapa definisi tentang tari dapat menambah wawasan Anda.