Pengertian Seni Rupa Terapan Nusantara dan Contohnya

306 views

Seni rupa terapan nusantara merupakan salah satu seni yang sudah diadaptasi dan digunakan oleh para nenek moyang dan diaplikasikan dalam berbagai hal atau kegiatan. Pengertian seni rupa terapan nusantara sendiri adalah hasil seni yang biasanya digunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan sehingga membuat kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan lebih praktis dan mudah. Ada banyak sekali hasil seni rupa terapan nusantara yang sebenarnya ada sekitar Anda tetapi mungkin Anda tidak menyadari seperti keramik, ragam corak baju, model sepatu, poster atau lukisan, serta arsitektur dan masih banyak contoh seni terapan lainnya.

pengertian seni rupa terapan nusantara

Pengertian Seni Rupa Terapan Nusantara Beserta Gambarnya Lengkap

Banyak ahli yang menjelaskan dengan gamblang apa itu pengertian seni rupa terapan nusantara. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian seni rupa terapan nusantara beserta gambarnya dengan lengkap dan jelas. Baik seni rupa murni ataupun terapan, keduanya sebenarnya hampir sama dan cukup sulit dibedakan terutama karena kedua jenis seni rupa ini merupakan karya bebas yang dibuat tanpa mengindahkan fungsi dari karya yang dihasilkan dan lebih bersifat abstrak. Walaupun begitu, ada kalanya membuat karya seni terapan lebih sulit jika dibandingkan dengan membuat karya seni murni, begitu juga sebaliknya.

Mengingat luas dan banyaknya daerah yang ada di Indonesia membuat pengertian seni rupa terapan nusantara berbeda-beda tergantung dari daerah itu sendiri. Salah satu seni terapan yang cukup mudah dan dapat dibedakan dengan jelas adalah rumah adat. Masing-masing daerah memiliki bentuk rumah yang beragam dan masing-masing bagian dari rumah adat tersebut memiliki fungsinya sendiri. Beberapa hal yang bisa membedakan antara satu rumah adat dengan rumah lain adalah bentuk bangunan, khususnya pada bagian atap, desain keseluruhan, riasan yang dipasang serta bahan baku pembuatan rumah tersebut. Masing-masing detail dari sebuah rumah adat dari suatu daerah memiliki arti dan harapannya masing-masing, begitu juga dengan beragam hiasan yang melengkapinya.

 

Contoh seni rupa terapan nusantara lain yang juga sering ditemui adalah senjata tradisional. Seperti yang Anda tahu, setiap daerah memiliki senjata tradisionalnya masing-masing dengan bentuk yang unik dan berbeda-beda. Walau memiliki fungsi yang sama, tetapi benda yang satu ini memiliki banyak sekali jenisnya. Jika dahulu senjata tersebut berfungsi untuk bekerja atau melindungi diri dari berbagai serangan musuh, kini senjata tradisional lebih sering dipakai dalam berbagai upacara adat atau hanya sebagai hiasan. Tidak hanya itu, senjata-senjata tersebut juga sering dipakai saat ada pertunjukan-pertunjukan seni daerah. Sekian pembahasan mengenai pengertian seni rupa terapan nusantara yang semakin memperkaya kebudayaan tanah air. Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan tradisi dan budaya. Karena itu, sudah sepatutnya kita bangga akan kearifan lokal yang ada.