Pengertian Seni Rupa Nusantara dan Kehidupannya di Dunia Modern

307 views

Sebuah karya seni rupa bisa menjadi lambang suatu wilayah. Hal ini terbukti dengan banyaknya karya seni rupa yang kental dengan nuansa Indonesia. Seni rupa yang seperti itu merupakan seni rupa nusantara. Berakar sejak awal berdirinya nusantara hingga merdekanya tanah air atas nama Indonesia, berbagai bentuk dan jenis seni rupa telah terjaga kelestarian, dari bentuk sampai artinya hingga saat ini. Sebagai bentuk penghargaan terhadap nyatanya bentuk kebudayaan Indonesia yang berbeda-beda namun tetap berujung kepada Indonesia, Anda harus memahami pengertian seni rupa nusantara serta hal-hal yang sangat mencerminkan pelestarian kebudayaan seni rupa tersebut.

pengertian seni rupa nusantara

Memahami Pengertian Seni Rupa Nusantara beserta Contohnya Serta Pemisahan Masanya

Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian seni rupa nusantara beserta contohnya serta pemisahan masanya. Sudah jelas bahwa seni rupa nusantara adalah karangan seni yang berasal dari nusantara. Namun, secara spesifik seni rupa nusantara berasal dari daerah masing-masing yang berada di Indonesia. Itu berarti, pengertian seni rupa Nusantara adalah karya-karya seni yang tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah di Indonesia. Beragam bentuk kesenian lokal muncul dan tumbuh dari hasil budaya masyarakat yang sesuai dengan adat istiadat serta kondisi lingkungan yang ditempatinya. Artinya, setiap bentuk seni rupa yang muncul dari wilayah yang berbeda memiliki bentuk, nilai, serta ciri khas yang berbeda. Hal ini menunjukkan betapa besarnya perbedaan seni rupa Nusantara yang bisa menyatu dengan baik.

Karya seni rupa nusantara memiliki dua masa, yaitu masa lampau dan masa kini. Bejana dan perunggu adalah contoh karya seni nusantara yang berasal dari Sumatera. Selain itu, salah satu karya seni rupa nusantara yang sangat berkesan dan memiliki bentuk senjata adalah Keris. Senjata tikam ini memiliki fungsi sebagai alat perlindungan diri serta lambang kebudayaan yang berasal dari daerah Jawa. Bentuk bilah pisau yang berkelok-kelok dan memiliki corak adalah keindahan eksklusif milik Keris. Dalam bidang pahatan, seni hias ukiran adalah ikon kebudayaan yang banyak terdapat pada candi-candi yang bertebaran di seluruh wilayah tanah air. Seni rupa nusantara pada masa lampau merupakan bukti nyata yang menghidupi pengertian seni rupa Nusantara secara utuh.

Pengertian seni rupa Nusantara terus bertahan sampai pada seni rupa masa kini. Namun kali ini, nilai-nilai seni rupa nusantara terbawa sampai ke dalam berbagai kehidupan sehari-hari. Karya seni rupa anyaman merupakan karya baru yang terdiri dari serat yang dirangkai hingga membentuk sebuah benda yang kaku dan bernilai untuk kehidupan sehari-hari. Kesenian lukisan nusantara pun bisa Anda rasakan dalam bentuk tekstil yang memiliki berbagai corak yang mencolok dan menonjolkan kebudayaan lokalnya. Corak pahatan tradisional Nusantara pun terbawa hingga ke dalam bentuk gerabah dan ukiran-ukiran pada kayu, batu, atau bahan-bahan lain. Hal ini membuktikan bahwa nilai-nilai kesenian Nusantara terus dijaga kelestariannya dalam bentuk yang lebih fleksibel dan variatif.