Pengertian Seni Rupa Murni Yang Wajib Anda Ketahui

500 views

Pada perkembangannya seni memiliki banyak sekali cabang yang sering kita dengar, ada seni rupa, seni musik, seni kriya dan lain lain. Pengertian mengenai seni semakin lama juga semakin luas, seni sendiri berkembang dalam kehidupan ini. Salah satu ranting seni yang berkembang adalah seni rupa. Pengertian seni rupa murni sendiri tidak terlepas oleh bagaimana fungsi dan siapa yang menjelaskannya.

pengertian seni rupa murni

Pengertian Seni Rupa Murni dan Contohnya

Pengertian seni rupa berdasarkan bentuknya dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Seni rupa dua dimensi sering kita lihat dalam bentuk lukisan, mural atau gambar. Karya seni dua dimensi merupakan sebuah karya seni yang memiliki dimensi lebar, panjang dan dan hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang saja. Inilah yang kemudian disebut dengan seni rupa untuk seni rupa tiga dimensi merupakan sebuah karya seni dengan dimensi panjang, luas, volume, tebal, tinggi ataupun seni rupa yang bisa di nikmati dari dua dimensi. Beberapa contoh yang bisa kita lihat adalah seni patung, seni keramik, dan berbagai macam desain lainnya.

Pengertian seni rupa juga bisa di tinjau dari fungsinya. Berdasarkan fungsinya ada dua jenis seni rupa yaitu fine art atau seni rupa murni dan seni rupa terapan. Pengertian seni rupa murni merupakan sebuah cabang dari seni rupa yang berupa suatu kesenian rupa yang mengedepankan unsur keindahan atau estetits saja. Digunakan sebagai usaha untuk memuaskan atau mengekspresikan suatu kebutuhan artistik. Pada dasarnya seni rupa diciptakan untuk berfungsi menjadi media ekspresi cita rasa keindahan atau estetik yang dimiliki oleh orang tersebut. Seni rupa murni atau fine art bertitik tumpu pada kebebasan berekspresi dan menyalurkan rasa estetis seseorang. Sehingga hal ini bersifat sangat subjektif dan personal.

Hal ini berbeda dari seni rupa terapan. Pengertian seni rupa terapan merupakan sebuah cabang seni rupa yang dibuat dengan tujuan untuk menjawab kebutuhan praktis. Proses yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan praktis kehidupan sehari hari. Karya seni rupa terapan lebih sulit dibandingkan dengan karya seni rupa murni. Hal ini disebabkan karena harus membuat suatu fungsi yang lebih berguna secara praktis. Hal ini sangat berbeda dari karya seni rupa fine art karena mengekspresikan kebebasan tidak memandang sebuah fungsi.

Dari beberapa pandangan dan jenis pengertian seni rupa murni bisa disimpulkan bahwa seni rupa merupakan sebuah cabang seni yang berusaha mengejawantahkan sebuah susunan garis, titik, dan gambar menjadi sebuah kaya seni yang baik didasarkan pada fungsi untuk menunjukkan nilai estetika atau berdasarkan fungsi tertentu. Seni rupa juga merupakan sebuah seni gambar atau bentuk keindahan baik dalam dua dimensi atau tiga dimensi.