Pengertian Seni Rupa Murni Nusantara dan Macam-Macamnya

71 views

Seni memang sesuatu yang unik bahkan pada tingkat tertentu hanya segelintir orang yang paham tentang sebuah karya seni. Secara sederhana, pengertian seni rupa murni nusantara adalah karya seni yang menitikberatkan pada sisi estetika serta berkaitan dengan budaya nusantara. Nusantara dalam hal ini adalah semua budaya yang ada di negara Indonesia dan tidak terbatas pada suatu kelompok mayoritas. Secara mendasar, sisi kegunaan dari seni rupa murni tidak terlalu diperhatikan. Mereka yang membuat karya ini memang sengaja untuk mengekspresikan jiwa seni sehingga tidak terlalu ambil pusing dengan fungsi kegunaan karya tersebut. Suatu karya seni rupa murni terkadang hanya dapat dipahami oleh sang pembuat.

pengertian seni rupa murni nusantara

Pengertian Seni Rupa Murni Nusantara dan Contohnya dalam Kehidupan Nyata

Untuk lebih memahami suatu karya seni terutama yang bersifat murni, masyarakat harus mengetahui budaya yang menjadi latar belakang pembuatan karya seni tersebut. Selain budaya, pengertian seni rupa murni nusantara dapat ditinjau dari aspek masa atau era di mana karya tersebut dibuat. Yang perlu diperhatikan ketika menjelaskan pengertian seni rupa murni nusantara dan contohnya adalah ruang lingkup atau batasan agar masyarakat paham dan mudah untuk mengerti. Salah satu karya seni rupa murni adalah seni lukis. Terdapat banyak aliran seni lukis yang masing-masing memiliki ciri khas serta karakteristik. Jika lukisan tersebut mengandung unsur budaya nusantara, maka dapat dikatakan karya tersebut masuk dalam kategori seni rupa murni nusantara. Media lukisan memang tidak dibatasi sehingga pelukis bebas mengunakan bahan atau media apapun selama tema yang dilukiskan adalah tentang nusantara.

Selain lukisan, contoh seni rupa lain adalah relief, ukiran, patung, fotografi dan film. Seperti yang disebutkan sebelumnya tentang pengertian seni rupa murni nusantara, relief dan patung adalah karya seni yang sudah ada sejak jaman nenek moyang Indonesia. Bangunan kuno seperti candi menggunakan patung dan relief untuk meningkatkan daya tarik estetikanya. Patung memang tidak memiliki fungsi praktis seperti meja atau kursi, tetapi daya estetika telah mengalahkan barang-barang tersebut. Masyarakat menempatkan patung sebagai bagian dari dekorasi, entah itu di dalam maupun di luar ruangan. Sedangkan relief adalah seni rupa gabungan dari dua dan tiga dimensi. Seni rupa ini biasanya dinikmati dari satu sisi, tetapi tampak timbul seperti tiga dimensi.

Fotografi masih termasuk kategori seni rupa dua dimensi. Jika pelukis menggunakan tangan dan kanvas secara manual untuk menghasilkan karya, fotografer memilih kamera untuk mengabdikan momen atau kejadian yang berkaitan tentang tema tertentu. Pada pengertian seni rupa murni nusantara, foto-foto yang merefleksikan kebudayaan secara langsung masih dianggap seni. Untuk dapat meletakkan foto sebagai hasil seni, fotografer haru memiliki jiwa seni serta sudut pandang estetika yang setara dengan pelukis. Menjadi fotografer memang mudah, tetapi membuat suatu karya seni dalam sebuah foto bukan sesuatu yang dapat dikerjakan oleh banyak orang.