Pengertian Seni Rupa Murni dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

106 views

Di dalam hidup kita, ada banyak sekali aspek kesenian yang terkadang terabaikan. Karena hal tersebut, aspek seni menjadi kurang tersentuh dan keindahannya tenggelam oleh item-item lain yang berada di sekitarnya. Anda tentu tahu tentang seni rupa, seni yang sangat sering dijumpai di hampir setiap tempat ini sangat mudah untuk memberikan keindahan pada ruangan, baik interior maupun eksterior. Selain sebagai media untuk memperindah ruang, seni ini juga berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan pemikiran, gagasan yang disertai dengan nilai-nilai dan konsep tertentu. Anda juga perlu mengetahui pengertian seni rupa murni dan contohnya karena hal tersebut sangat penting, terutama bagi Anda yang sangat tertarik dengan aspek-aspek visual.

pengertian seni rupa murni dan contohnya

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan Beserta Contoh Karyanya

Menurut beberapa sumber terpercaya, pengertian seni rupa murni dan contohnya cukup bervariasi. Untuk mengawalinya, mari kita kupas mengenai pengertiannya terlebih dahulu. Seni rupa murni adalah salah satu cabang dari seni rupa. Seni ini lebih mengutamakan fungsi secara keindahan atau estetika. Artinya, faktor kegunaan atau fungsi karya tersebut bukan menjadi prioritas utama. Seni rupa murni ini cenderung tidak terikat pada nilai-nilai tertentu. Dengan kata lain, sang pembuat memiliki kebebasan dalam mewujudkan karyanya. Kebanyakan pengertian seni rupa murni dan terapan beserta contoh hanya digunakan sebagai alat untuk mempercantik sesuatu, hiasan atau bahkan pajangan saja.

Lalu setelah pengertian, maka kini saatnya mendiskusikan tentang contoh dari seni rupa murni itu sendiri. Kelengkapan antara pengertian seni rupa murni dan contohnya akan memberikan pemahaman yang lebih nyata terhadap seni tersebut. Salah satu contoh seni rupa murni yang Anda pernah temui adalah relief. Relief ini bisa dalam bentuk tiga dimensi seperti yang terdapat pada candi-candi buatan masa lalu. Ada cukup banyak relief yang bisa Anda temui dan kebanyakan berfungsi sebagai hiasan gapura, dinding atau candi tanpa mengesampingkan aspek cerita atau makna yang ada di dalamnya. Patung juga merupakan salah satu contoh yang masih sering kita temui. Patung bisa melambangkan tokoh atau karakter daripada hanya sekedar ekspresi pembuatnya.

Contoh lain yang sangat mudah dijumpai adalah lukisan. Lukisan adalah seni yang dapat dibuat dari berbagai macam media. Anda dapat membuatnya dari cat minyak di atas kanvas, pen di atas kanvas dan bahkan pensil atau alat lainnya. Penggunaan bahan juga akan mempengaruhi hasil serta makna yang nantinya akan ditampilkan. Jika Anda pernah melihat kerajinan dari keramik, maka benda-benda tersebut adalah bagian dari seni rupa murni juga. Biasanya kerajinan tersebut berbentuk guci atau lainnya. Selanjutnya, Anda juga perlu tahu bahwa seni kaligrafi,fotografi dan ukiran merupakan salah satu bagian dari seni rupa murni. Setelah paham akan pengertian seni rupa murni dan contohnya, tentu Anda semakin mudah menentukan jenis mana yang akan Anda gunakan dalam mempercantik kantor, rumah atau tempat lain sesuai keinginan Anda.