Pengertian Seni Rupa Murni Daerah sebagai Bagian dari Budaya

95 views

Seni rupa sebagai salah satu cabang seni memang selalu memiliki daya tarik tersendiri. Meski tidak bisa dikatakan bahwa seni rupa adalah seni yang terbaik, namun seni ini selalu dapat mencuri perhatian publik karena aspek visual yang begitu kuat. Dari aspek visual itulah akan hadir berbagai interpretasi yang berbeda, meski sebenarnya maksud dan tujuan pembuatnya hanya memiliki interpretasi tunggal saja. Seni rupa murni daerah adalah salah satu elemen dari seni rupa yang sering kita jumpai di banyak daerah di Indonesia. Kita perlu tahu pengertian seni rupa murni daerah sebelum berbicara lebih mendalam mengenai kesenian ini.

pengertian seni rupa murni daerah

Pengertian Seni Rupa Murni Daerah Setempat dan Karakteristiknya

Sejatinya, pengertian seni rupa murni daerah hampir sama dengan seni rupa pada umumnya, namun seni rupa ini cenderung lebih spesifik pada daerah tertentu. Seni ini adalah hasil dari pikiran atau gagasan manusia. Dalam hal ini adalah pemilik karya yang gagasannya tersebut memiliki nilai-nilai budaya daerah tertentu. Gagasan atau pemikiran tersebut lalu dituangkan melalui sebuah pola khusus yang berwujud dalam kesatuan garis, bidang media titik, bentuk serta elemen gelap dan terang. Elemen-elemen tersebut juga didukung secara penuh oleh prinsip-prinsip khusus yang akan menghasilkan sebuah karya seni dengan makna tertentu dan keindahan yang berkarakter. Banyak orang mencari karya ini karena mereka begitu memahami pengertian seni rupa murni daerah setempat dalam arti sebenarnya.

Sama seperti cabang-cabang kesenian yang lain, ketika Anda mempelajari pengertian seni rupa murni daerah, ada baiknya jika Anda juga mengetahui apa saja ragam atau jenis seni rupa daerah yang telah ada sejak beberapa waktu lalu ini. Sebenarnya pembagiannya sudah cukup bervariasi. Namun, secara dasar, seni rupa ini dibagi menjadi dua macam. Yang pertama adalah seni lukis daerah dan yang kedua adalah seni patung daerah. Tentu perbedaan keduanya tak lain dan tak bukan adalah pada sisi banyaknya dimensi yang dihasilkan. Seni lukis memiliki 2 dimensi sedangkan patung memiliki lebih dari 2 dimensi. Pada kedua cabang seni daerah ini, pembuat akan menuangkan nilai-nilai secara subjektif di dalamnya.

Selain pengertian seni rupa murni daerah, dan ragamnya, Anda juga harus mengerti bahwa seni rupa murni daerah juga memiliki beberapa macam seni yang berbeda-beda. Seni tersebut terbagi menjadi 3 di antaranya adalah kebutuhan Primer, Integratif dan Sosial. Setiap kebutuhan tersebut memiliki hasil yang nantinya berbeda-beda. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tentang gaya seni rupa murni daerah yang ada. Gaya tersebut juga terbagi menjadi 2 yaitu gaya primitif serta gaya klasik. Gaya primitif lebih mengedepankan hal-hal pokok atau mendasar. Hal tersebut dapat dirasakan dari bentuk-bentuk yang ditampilkan. Sedangkan untuk gaya klasik lebih mengedepankan budaya dan pengaruh agama yang ada di dalamnya. Untuk seni rupa murni daerah yang termasuk dalam klasik adalah relief candi-candi di Indonesia.