Pengertian Seni Rupa Modern dan Seni Kontemporer

338 views

Seni memang telah menjadi bagian yang cukup penting dalam peradaban manusia. Salah satu jenis seni yang masih berkembang sampai sekarang adalah seni rupa. Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang mampu menghasilkan karya yang tidak hanya bisa dilihat oleh mata, tetapi juga bisa disentuh atau diraba. Dilihat dari masa perkembangannya, ada dua macam jenis seni rupa yang cukup berkembang sampai sekarang, yakni seni rupa kontemporer dan seni rupa modern. Ada banyak ahli yang sudah secara gamblang menjelaskan pengertian keduanya, baik itu pengertian seni rupa modern ataupun kontemporer.

pengertian seni rupa modern

Pengertian Seni Rupa Modern dan Kontemporer oleh Para Ahli

Sebagai informasi, banyak ahli yang sudah mengemukakah pendapatnya mengenai pengertian seni rupa modern dan kontemporer. Badudu Zain, salah seorang ahli seni rupa memberikan pengertian seni rupa modern dan seni kontemporer dengan penjelasan yang sangat mudah dipahami. Badudu Zain atau J.S Badududan Muhammad Zain menjelaskan seni rupa kontemporer merupakan seni yang berkembang pada sebuah masa tertentu dan tidak bertahan lama. Atau dengan kata lain, seni rupa kontemporer merupakan istilah untuk sebuah karya yang ada pada masa kini, mengingat arti dari istilah kontemporer sendiri adalah kekinian atau sesuatu yang dipengaruhi oleh modernisasi. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa seni rupa kontemporer merupakan cabang seni yang mampu mengikuti perkembangan zaman, begitu juga aturan yang sedang berkembang.

Berbeda dengan seni rupa kontemporer, ada banyak sekali perdebatan mengenai pengertian seni rupa modern. Walaupun begitu, banyak ahli yang berpendapat bahwa seni rupa yang satu iniĀ  berkembang pada abad 19, tepatnya pada tahun 1970-an. Seni rupa modern memiliki gaya dan juga metode baru dalam penerapannya pada sebuah objek seni. Jika pada gaya seni rupa klasik, subjek menjadi prioritas utama, maka pada seni rupa modern, subjek bukan menjadi prioritas dan tidak terlalu dibutuhkan. Karya seni rupa dengan gaya modern lebih bersifat universal dan cenderung lebih sederhana serta tidak terlalu abstrak walaupun ada beberapa seniman yang menjurus pada hal-hal yang abstrak.

Baik karya seni rupa yang modern ataupun yang kontemporer, keduanya sama-sama memiliki paham yang sama dalam memandang arti sebuah objek seni. Pada seni rupa modern, seorang seniman akan memandang sebuah objek layaknya ciptaannya sendiri. Sedangkan seni rupa modern idenya dari alam sehingga hasilnya lebih natural dan alami. Sementara itu, seni rupa kontemporer lebih cenderung mengapresiasi objek dengan situasi dan kondisi yang ada. Seni kontemporer juga lebih menunjukkan sisi perlawanan terhadap sikap akuisisi pihak barat. Itulah sedikit informasi mengenai perkembangan dan jenis seni rupa. Semoga pembahasan mengenai pengertian seni rupa modern dan kontemporer di atas bisa bermanfaat.