Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

296 views

Pengertian seni rupa menurut para ahli tentunya bisa menjadi salah satu sumber tepercaya yang dapat dijadikan patokan dalam menyimpulkan apa pengertian dari seni rupa itu sendiri. Ada banyak sekali ahli seni rupa yang menjabarkan dan mengemukakan pendapatnya mengenai arti dari seni rupa dan bagaimana cara menggambarkannya dengan tepat. Salah satu ahli seni yang cukup dikenal adalah Alexander Baum Garton. Seniman tersebut merupakan salah satu ahli seni yang hidup pada masa abad pertengahan. Selain Alexander Baum Garton, sebenarnya masih ada banyak sekali ahli seni rupa yang juga turut menyumbangkan pemikirannya mengenai teori dan pengertian dari seni rupa.

pengertian seni rupa menurut para ahli

Apa Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli Dunia?

Ada banyak sekali pengertian seni rupa menurut para ahli dunia. Mulai dari awal dikenalnya istilah seni sampai sekarang ini, masih ada ahli yang tetap mengemukakan pendapatnya atau bahkan menyempurnakan teori dari ahli sebelumnya. Secara sederhana, seni rupa merupakan sebuah ungkapan dari ide dan juga perasaan seorang seniman yang memiliki makna dan bernilai estetis. Karyanya dapat diwujudkan dengan menggunakan media, sehingga bisa ditangkap oleh mata dan juga dapat dirasa oleh indra peraba. Selain pengertian seni rupa menurut para ahli, Anda juga harus mengetahui bahwa seni rupa merupakan hasil dari perpaduan berbagai unsur seperti titik, bidang, garis, warna, bentuk, dan juga tekstur.

Pengertian seni rupa menurut para ahli yang pertama yaitu dari Alexander Baum Garton. Seniman yang satu ini menyatakan bahwa seni merupakan sebuah keindahan. Seni juga merupakan sebuah tujuan positif yang akan menjadikan siapa pun yang melihat atau mendengar karya seni tersebut menjadi bahagia. Seniman lain yang juga tidak kalah berjaya dengan Alexander Baum Garton adalah Joseph Dent yang mempublikasikan Everyman Encyclopedia. Ia menyebutkan bahwa seni rupa adalah segala sesuatu yang dilakukan bukan atas dasar dorongan pribadi akan sebuah kebutuhan, tetapi lebih karena kehendaknya sendiri yang ingin mencari kemewahan, kenikmatan, atau bisa juga kebutuhan spiritual.

Selain kedua ahli seni rupa tersebut, masih ada Emmanuel Kant yang menyatakan bahwa seni rupa adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan impian yang tidak mungkin bisa direalisasikan hanya dengan menggunakan rumus-rumus tertentu. Ada pula ahli seni lainnya yang juga tidak kalah terkenal, siapa lagi kalau bukan Aristoteles. Menurutnya, seni rupa adalah sebuah usaha meniru dari apa yang dilihat seperti meniru alam yang memiliki sifat ideal yang mutlak. Sementara pengertian seni rupa menurut para ahli berikutnya berasal dari Plato dan Rousseau yang menyatakan bahwa seni merupakan wujud dari sikap meniru dengan segala unsur-unsurnya. Itu tadi beberapa definisi yang diberikan oleh berbagai ahli seni di seluruh dunia. Semoga menginspirasi.