Pengertian Seni Rupa Mancanegara secara Umum

82 views

Secara umum, pengertian seni rupa mancanegara ialah seni yang mengandung nilai budaya mancanegara. Walaupun demikian, fungsi seni rupa ini jika dibandingkan dengan seni rupa nusantara dapat dikatakan sama. Sebagian besar masyarakat di tanah air menggunakan seni sebagai media ekspresi dan ritual, begitu pula dengan seni rupa mancanegara. Pada prakteknya, seni rupa ini telah banyak digunakan sebagai media untuk memperingati upacara-upacara sakral. Sejak jaman dahulu, khususnya pada jaman Mesir Kuno, seni yang dihasilkan adalah berupa patung-patung, lukisan dan relief. Hal ini selalu dihubungkan dengan upacara ritual atau pembangunan tempat-tempat sakral, seperti makam raja-raja Mesir Kuno. Selain itu, seni rupa yang ada pada jaman Mesir Kuno memiliki ciri-ciri identik dan khas, seperti contoh relief raja-raja dan para rakyat jelata yang diperbudak. Seni rupa lain yang sejenis dapat dilihat pada seni zaman Yunani Kuno. Dapat dikatakan bahwa seni patung pada jaman Yunani Kuno sangatlah populer karena dikenalkan oleh tiga seniman terkenal yaitu Phiedias, Myron, dan Polycletos.

pengertian seni rupa mancanegara

Beberapa Pengertian Seni Rupa Mancanegara Menurut Para Ahli

Pengertian seni rupa mancanegara tidak hanya mengenai seni yang mengandung nilai budaya mancanegara. Pengertian seni rupa mancanegara menurut para ahli seperti yang dikutip pada laman World’s Fine Art ialah terkait bagaimana seniman dunia membuat seni rupa dua dimensi maupun tiga dimensi yang mengekspresikan ciri khas negaranya. Contohnya dapat dilihat dari berbagai belahan dunia, seperti Patung Liberty, Topeng Tionghoa atau Cina, Patung Budha Bamiyan, Patung Pieta, Patung Bodhisatwa, Lukisan Starry Night, dan Lukisan The Lake yang merupakan karya-karya populer seniman mancanegara. Selain memiliki pengaruh terhadap perkembangan seni di dunia, seni rupa mencanegara memilik beberapa jenis aliran-aliran yang memang kini diterapkan oleh seniman-seniman Nusantara dan belahan dunia lainnya.

Selain itu, jika berbicara mengenai pengertian seni rupa mancanegara, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aliran-aliran ini memiliki pengaruh terhadap definisi seni itu sendiri. Aliran-aliran tersebut ialah romantisme, realisme, naturalisme, ekspresionisme, kubisme, surealisme dan masih banyak yang lainnya. Sebagian besar aliran-aliran ini telah lahir dan ada sejak jaman kuno. Seperti aliran romantisme yang menggambarkan kisah-kisah kepahlawanan yang dipelopori oleh seniman tanah air yaitu Raden Saleh dan seniman asal Perancis, Delacroix.

Aliran-aliran lain yang berkembang di mancanegara berupa pop art atau seni kontemporer yang juga berkembang di tanah air sejak tahun 1974. Ini merupakan seni modern yang sebagian besar berisi nilai-nilai budaya Barat. Oleh karena itu, seni tersebut berkembang cepat dengan ditambahnya arus globalisasi yang mampu menjangkau seluruh bagian dunia. Demikian pengertian seni rupa mancanegara dan beberapa contoh karya-karya fenomenal yang dikenal dari seluruh penjuru dunia.