Pengertian Seni Rupa Kontemporer, Sebuah Modernisasi Seni

312 views

Setiap kali Anda melihat keunikan seni rupa yang eksotis serta berbeda setiap jamannya, Anda mungkin membayangkan seni tersebut sebagai karya seni kontemporer. Seni rupa kontemporer adalah jenis seni rupa yang sangat menjamur di kalangan para seniman, dan Anda pasti memahami sebuah seni rupa kontemporer dari perbedaannya yang sangat mencolok antar satu dengan yang lainnya. Biarpun begitu, apakah Anda memahami pengertian seni rupa kontemporer? Apakah Anda tahu dari mana seni rupa kontemporer berasal? Berbagai pertanyaan telah dilontarkan terhadap satu jenis seni rupa ini. Satu hal yang pasti, yaitu seni rupa kontemporer memiliki keindahan yang misterius dan akan selalu berubah-ubah.

pengertian seni rupa kontemporer

Memahami Lebih Dalam Keabstrakan, Pengertian Seni Rupa Kontemporer dan Contohnya

Pengertian seni rupa kontemporer secara umum adalah sebuah istilah yang merujuk pada karya seni rupa pada masa kini. Kontemporer sendiri berasal dari gabungan beberapa bahasa Inggris, yaitu “co” yang diartikan sebagai ‘bersama’ dan “tempo” yang diartikan sebagai ‘waktu’. Hal ini dapat disimpulkan bahwa secara garis besar, kontemporer berarti suatu hal yang fleksibel karena keberadaannya muncul bersama dengan waktu tertentu. Sebuah seni rupa kontemporer tidak terikat oleh jaman dan memiliki sifat dan ciri khas yang mengikuti waktu ketika seni tersebut diciptakan. Hal ini menegaskan bahwa seni rupa kontemporer muncul sebagai cerminan dari situasi dan kondisi yang sedang dilalui senimannya atau kondisi di sekitarnya. Untuk memahami lebih jauh, Anda perlu menelaah lebih dalam mengenai pengertian seni rupa kontemporer dan contohnya.

Seni rupa kontemporer sendiri berasal dari dampak modernisasi yang muncul dari Barat sebagai sebuah jenis seni rupa yang dibuat sejak Perang Dunia II. Pengertian seni rupa kontemporer mulai diperkenalkan dan berkembang di Indonesia semenjak kemunculan pertamanya dan terus berkembang dengan beragamnya teknik dan media yang dipakai untuk menghasilkan karya seni tersebut. Berbagai campuran praktek dari disiplin yang berbeda, pilihan artistik, serta pilihan presentasi karya yang berbeda-beda adalah bukti bahwa seni rupa kontemporer tidak terikat oleh batas ruang dan waktu. Biarpun begitu, istilah seni rupa kontemporer di Barat digunakan untuk menyebut praktek seni visual yang sesuai dengan kebutuhan kegiatan museum atau lembaga yang memamerkan seni seperti galeri seni dan lelang seni.

Ada banyak contoh seni rupa kontemporer yang mencolok. Dari segi lukisan, ada banyak gaya penggambaran lukisan yang beragam dan saling berbeda satu sama lain. Contohnya adalah lukisan yang menggambarkan astronot-astronot yang terbang di atas permukaan tanah dengan banyak prajurit bersenjata namun memiliki tubuh buaya di bawah mereka. Sementara itu, banyak juga pahatan patung yang berbentuk abstrak atau merupakan gabungan dari beberapa unsur seni yang menciptakan nilai seni baru dan misterius. Dari segi pahatan, karya seni tersebut bersifat ambigu, namun tetap mengandung sebuah arti. Seni rupa kontemporer mengajak penontonnya untuk melihat arti dibalik bentuk-bentuk yang tidak tergambar dengan jelas, berbeda dari seni rupa lainnya yang menggambarkan arti seninya secara nyata. Seperti itulah seni-seni yang menggambarkan pengertian seni rupa kontemporer.