Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi dari Berbagai Sumber

264 views

Seni rupa dua dimensi merupakan salah satu seni yang memiliki 2 batasan sisi, yakni batas panjang dan lebar. Karena hanya dibatasi oleh 2 batasan sisi, jenis seni rupa yang satu ini tidak memiliki tebal, tinggi maupun volume tetapi tetap memiliki luas. Hasil seni rupa yang satu ini lebih mementingkan unsur keindahan dibandingkan unsur-unsur lain, contohnya fungsi dari karya seni ini sama sekali tidak dipentingkan dan tidak diperhitungkan. Banyak ahli seni yang menjabarkan pengertian seni rupa dua dimensi. Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk menyimpulkan sendiri pengertian dari seni rupa dua dimensi sesuai dengan penafsiran yang Anda dapat.

pengertian seni rupa dua dimensi

Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi Menurut Para Ahli di Dunia

Ada beberapa pengertian seni rupa dua dimensi menurut para ahli yang bekerja di dunia seni. Walaupun begitu, hampir semua pendapat dari para ahli tersebut mengacu pada hal yang sama. Pengertian seni rupa dua dimensi menurut beberapa ahli adalah sebuah cabang seni rupa yang menggunakan media dengan batasan dua sisi, yakni sisi panjang dan lebar tanpa memiliki volume. Seni dua dimensi dapat dengan mudah ditemui di sekitar Anda seperti dekorasi pada dinding, hiasan dinding seperti lukisan, atau karya lain yang berbentuk grafis.

Selain mengetahui pengertian seni rupa dua dimensi yang sudah dijelaskan oleh para ahli seperti di atas, tidak ada salahnya untuk mengetahui beragam seni rupa dua dimensi yang kemungkinan ada di sekitar Anda sekarang. Salah satu contoh dari seni rupa yang paling mudah ditemui adalah lukisan. Lukisan sendiri merupakan salah satu jenis seni dua dimensi yang dibuat dengan cat minyak yang dilukiskan pada kanvas. Cara pembuatannya juga cukup mudah karena hanya dengan memulaskan cat minyak yang sudah diberi warna pada kanvas. Perlu diketahui bahwa sebenarnya lukisan tidak hanya bisa memakai media kanvas, tetapi juga bahan lainnya, baik yang memiliki permukaan datar maupun tidak.

Seni dua dimensi lain yang juga bisa ditemukan dengan mudah adalah kaligrafi. Seni kaligrafi ini sering dikaitkan dengan tulisan tangan huruf arab yang dibentuk menjadi susunan yang indah dan memiliki nilai seni tinggi. Seni rupa dua dimensi tersebut memang dipadukan dengan unsur agama islam sehingga sangat berkaitan dengan erat dengan budaya islam. Karya seni lainnya yang juga termasuk seni rupa dua dimensi adalah seni grafis. Ini merupakan salah satu seni rupa yang dibuat dengan cara mencetak karya tersebut pada lembaran kain atau kertas. Bagaimana? Anda sudah mendapatkan poin penting dari ulasan di atas? Semoga penjelasan dan penjabaran mengenai pengertian seni rupa dua dimensi tersebut bisa membantu Anda mendapatkan pemahaman yang tepat.