Pengertian Seni Rupa dan Contohnya dari Beberapa Negara

125 views

Seni rupa ialah cabang seni yang membentuk karya seni dengan menggunakan media yang bisa dilihat oleh mata dan dirasakan dengan indera peraba. Kesan seperti ini dapat dibuat dengan mengolah berbagai konsep seperti bidang, titik, garis, warna, bidang, tekstur dan pencahayaan dengan dasar estetika. Seni rupa jika dilihat dari berbagai fungsi dibedakan antara seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni fokus pada ekspresi jiwa misalnya lukisan, atau contoh nyatanya yaitu pada karya Leonardo da Vinci dan Michelangelo. Sedangkan seni rupa terapan lebih menitikberatkan pada proses pembuatan yang memiliki tujuan dan fungsi tertentu yakni seni kriya, seperti pembuatan kursi rotan dan semacamnya. Pengertian seni rupa dan contohnya dari berbagai belahan dunia seperti Indonesia, Jepang, dan negara Barat memiliki ciri khas dan karakter tersendiri dan terus berkembang dari tahun ke tahun.

pengertian seni rupa dan contohnya

Pengertian Seni Rupa Kontemporer dan Contohnya di Berbagai Belahan Dunia

Perbedaan pengertian seni rupa dan contohnya melahirkan konsep atau pengertian seni rupa kontemporer dan contohnya. Sesuai dengan namanya, seni kontemporer merupakan hasil modernisasi Barat sejak Perang Dunia II. Di Indonesia, istilah seni kontemporer lahir sejak awal tahun 1970-an ketika G. Sidharta memberikan judul pamerannya sebagai Seni Patung Kontemporer. Awalnya ialah ketika Pameran Besar Seni Lukis Indonesia yang diadakan di Taman Ismail Marzuki pada Desember 1974 mendapat penolakan dari berbagai pihak yang mengakibatkan sejumlah seniman protes dan mengirimkan karangan bunga atas kematian seni rupa Indonesia. Kejadian ini kemudian dikenal dengan sebutan Desember Hitam (1974). Contoh seni rupa kontemporer dapat dilihat di Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki khususnya pada Galeri Cipta II dan III.

Untuk mengenal lebih dekat akan pengertian seni rupa dan contohnya, berikut ini merupakan contoh seni rupa dari berbagai belahan dunia. Di Indonesia, seni rupa itu sendiri berarti tidak membeda-bedakan disiplin ilmu, menghilangkan sikap spesialis, bebas dari keterikatan bentuk serta menerapkan perkembangan dari tahun ke tahun. Salah satu seni rupa yang menjadi andalan nusantara yakni seni pahat. Selain itu, candi merupakan ciri khas karya seni di Indonesia. Sejak awal kemerdekaan, seniman seperti Agus Djaja dan Affandi telah memiliki andil besar dalam perkembangan Seniman Masyarakat yang merupakan organisasi seniman pertama setelah kemerdekaan.

Beranjak ke negara di Asia Timur, Jepang memiliki seni rupa bergaya kuno. Seni rupa Jepang dapat berupa ukiran, tembikar, lukisan tinta, serta kaligrafi di atas sutra dan kertas. Contoh lainnya berupa lukisan ukiyo-e, kiri-e, kirigami, cetakan blok kayu dan origami. Menurut artikel yang diterbitkan oleh Library of Congress Country Studies, pengertian seni rupa dan contohnya yang berkembang di Jepang merupakan dampak dari permulaan pemukiman manusia pada milenium ke-10 SM yang sampai sekarang terus berkembang sehingga menghasilkan seni-seni modern seperti manga yang merupakan seni kartun modern yang cukup terkenal.