Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Jenisnya

354 views

Seni rupa memang terbagi menjadi dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Waktu kecil Anda pasti pernah membuat sebuah patung atau objek lain dari lilin atau membangun istana pasir di tepi pantai. Tanpa disadari, ternyata Anda sudah mulai mengenal dan membuat karya seni rupa 3 dimensi. Pengertian seni rupa 3 dimensi adalah suatu karya seni yang tidak hanya dibatasi oleh sisi panjang dan lebar saja, tetapi juga sisi kedalaman. Tidak seperti seni rupa 2 dimensi, seni rupa 3 dimensi memiliki ruang dan bisa dinikmati dari berbagai arah. Anda bisa menikmati seni 3 dimensi dari depan, belakang, ataupun samping. Berikut penjelasan lengkap mengenai seni rupa 3 dimensi baik pengertian maupun jenisnya.

pengertian seni rupa 3 dimensi

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi Menurut Para Ahli yang Lengkap

Pengertian seni rupa 3 dimensi bisa dikatakan karya seni yang mempunyai volume dan menempati ruang. Karya seni ini juga memiliki dimensi yang lengkap yaitu panjang, lebar dan tinggi sehingga bisa dinikmati dari berbagai sisi.  Sedangkan pengertian seni rupa 3 dimensi menurut para ahli disebutkan bahwa seni rupa 3 dimensi terbagi menjadi 2 jenis jika dilihat berdasarkan fungsinya yaitu jenis seni rupa 3 dimensi murni dan terapan. Beberapa contoh karya seni rupa 3 dimensi yang banyak ditemukan adalah seni keramik, seni patung, seni arsitektur dan masih banyak lainnya. Seni rupa 3 dimensi sudah menjadi bagian dari masyarakat di berbagai penjuru dunia sejak zaman dahulu khususnya Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi di masing-masing daerah.

Pengertian seni rupa 3 dimensi murni merupakan karya seni yang menekankan pada ekspresi dan kreativitas penciptanya tanpa memperhatikan kegunaan karya seni tersebut di kehidupan masyarakat. Fungsi pembuatan seni rupa 3 dimensi murni adalah untuk membuat orang lain mampu menikmati unsur keindahan yang tersaji pada karya seni. Contoh karya seni rupa 3 dimensi murni adalah benda hias dan seni patung. Karya seni benda hias bertujuan untuk menghias ruangan maupun rumah agar terlihat lebih estetis. Contohnya adalah guci antik, piring gelas bergambar, vas bunga dan sebagainya. Sedangkan, karya seni patung bertujuan untuk menghias suatu bangunan seperti rumah, tempat rekreasi, taman, dan sebagainya agar lebih unik dan hidup.

Selain itu, pengertian jenis seni rupa 3 dimensi terapan adalah karya seni yang menekankan pada kegunaannya di kehidupan masyarakat dengan tetap mempertimbangkan sedikit sisi keindahannya. Fungsi pembuatan karya seni terapan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis orang lain. Beberapa contohnya adalah kursi, meja, lemari dan sebagainya. Demikianlah ulasan mengenai pengertian seni rupa 3 dimensi beserta penjelasan jenis-jenisnya. Seni memang sudah menjadi bagian dari kehidupan. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari keindahannya. Semoga artikel ini bisa membuka sedikit pengetahuan Anda mengenai dunia seni 3 dimensi.