Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya di Tanah Air

138 views

Pengertian seni rupa 3 dimensi dan contohnya yang dijelaskan dalam ensiklopedia online adalah seni yang tidak hanya dibatasi dengan sisi panjang dan lebar, tetapi juga kedalaman atau tinggi. Dengan kata lain, karya seni tersebut mempunyai volume atau ketebalan. Unsur-unsur tersebut membedakan antara seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi itu sendiri. Dari tahun ke tahun, seni rupa tiga dimensi terus menerus mengalami perkembangan. Entah itu pada sudut pandang, model, hingga jenisnya sehingga tidak menutup kemungkinan pada tahun-tahun berikutnya seni tersebut akan banyak diminati baik oleh seniman maupun para komentator seni di tanah air. Seperti contohnya karya tiga dimensi yang populer di tanah air yaitu tugu Monumen Nasional yang tertelak di Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

pengertian seni rupa 3 dimensi dan contohnya

Pengertian Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan Contoh Penerapannya

Selain pengertian seni rupa 3 dimensi dan contohnya di atas, yang perlu Anda ketahui tentang seni rupa 3 dimensi adalah teknik-teknik yang digunakan. Pada dasarnya, pengertian karya seni rupa 3 dimensi dan contohnya berkaitan dengan karya seni yang berbentuk nyata atau konkret sehingga dapat menghasilkan nilai jual. Sama halnya dengan seni kriya, teknik-teknik pembuatan karya seni rupa 3 dimensi berupa teknik aplikasi, mozaik, merakit, memahat, dan teknik cor. Teknik aplikasi biasanya digunakan dalam seni menjahit, caranya dengan menempelkan berbagai macam guntingan kain hiasan seperti bunga, binatang atau bentuk lainnya. Teknik mozaik cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Teknik ini membuat karya seni dengan cara menempelkan benda 3 dimensi yang diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan lukisan yang indah. Teknik merakit juga menggabungkan beberapa potongan bahan, biasanya cara yang digunakan yaitu dengan dipatri, disekrup atau dilas. Selain itu, teknik pahat juga merupakan teknik yang cukup populer di Indonesia. Media yang digunakan adalah berbahan keras seperti kayu, batu, gips dan lainnya. Teknik terakhir yaitu cor. Teknik ini menggunakan bahan cair seperti semen, logam, gips atau karet agar menghasilkan karya yang menarik.

Teknik-teknik di atas sangat berpengaruh pada unsur-unsur seni rupa 3 dimensi. Memang, pengertian seni rupa 3 dimensi dan contohnya yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh unsur-unsur tertentu sehingga dapat dikatakan sebagai seni yang sempurna. Unsur-unsur garis, bidang, warna dan bentuk sangat mempengaruhi perkembangan seni patung yang ada di tanah air. Seni patung atau seni memahat telah ada sejak jaman dahulu kala.

Demikian pengertian seni rupa 3 dimensi dan contohnya yang ada di tanah air. Selain pengaruh nenek moyang, seni rupa 3 dimensi yang ada di Indonesia juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pada jaman penjajahan dan era kemerdekaan. Bentuk-bentuk karya seni tersebut memiliki gaya yang khas karena mengalami percampuran budaya antara budaya lokal dan budaya yang masuk dari luar.