Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Macamnya

273 views

Anda yang menyukai dunia seni pasti sudah sering mendengar istilah seni rupa 2 dimensi dan bahkan sudah sering membuatnya sendiri sejak kecil. Menggambar dan hasil karyanya adalah salah satu proses seni rupa 2 dimensi. Secara umum, pengertian seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya seni yang memiliki batasan sisi yaitu hanya sisi panjang dan lebar saja. Jadi, untuk menikmati seni rupa 2 dimensi hanya bisa melalui satu arah saja yaitu arah depan. Tidak seperti seni rupa 3 dimensi, seni rupa 2 dimensi tidak memiliki volume atau ruang akibat tidak adanya ketebalan atau ketinggian tertentu. Berikut akan disajikan informasi mengenai pengertian dan penjelasan dari seni rupa 2 dimensi agar Anda bisa lebih memahaminya.

pengertian seni rupa 2 dimensi

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi Menurut Para Ahli beserta Penjelasannya

Pengertian seni rupa 2 dimensi yang pertama adalah hasil karya seni yang unsur-unsurnya disusun sedemikian rupa pada permukaan yang datar dan menekankan pada pembuatan karakter gambar secara horizontal dan vertikal. Berdasarkan pengertian seni rupa 2 dimensi menurut para ahli ini, seni rupa 2 dimensi tidak hanya sebatas proses membuat gambar atau lukisan di atas kertas, buku gambar atau kanvas saja, tetapi semua media yang memiliki bidang yang datar bisa digunakan sebagai sarana pembuatan seni rupa 2 dimensi. Misalnya, kegiatan melukis gambar tokoh atau pemandangan pada pakaian atau jaket untuk menghadirkan kesan unik dan limited edition. Pakaian atau jaket ini juga menjadi seni rupa 2 dimensi. Contoh lain, kegiatan melukis tembok yang banyak dilakukan anak muda di terowongan juga termasuk kegiatan seni rupa 2 dimensi.

Pengertian seni rupa 2 dimensi selanjutnya adalah karya seni berupa lukisan, gambar dan foto yang berbeda satu sama lain berdasarkan teknik pembuatannya. Pembuatan karya seni rupa 2 dimensi ini termasuk dalam hal komposisi dan media. Beberapa media yang sering digunakan pada karya seni 2 dimensi adalah pensil, cat air, tinta, cat aklirik, cat minyak, kanvas, dan lain sebagainya. Sedangkan, komposisi di sini lebih kepada unsur-unsur yang menyusun suatu karya seni 2 dimensi. Unsur-unsur tersebut adalah garis, bentuk, warna, tekstur, bidang, titik dan ruang. Keindahan karya seni 2 dimensi memang tergantung pada padu padan antara masing-masing unsur sesuai dengan kreativitas dan inspirasi pelukis.

Setelah membahas mengenai pengertian seni rupa 2 dimensi, yang perlu diketahui selanjutnya adalah macam-macam karya seni 2 dimensi yang sering ditemukan. Beberapa macam seni rupa 2 dimensi tersebut adalah seni kaligrafi (tulisan berbahasa arab), seni grafis modern atau yang lebih dikenal dengan fotografi dan seni lukis yang paling populer di kalangan masyarakat luas. Demikianlah informasi mengenai pengertian, penjelasan dan macam-macam karya seni rupa 2 dimensi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan baru bagi pekerja seni.