Pengertian Seni Musik Secara Lengkap

878 views

Pengertian seni musik sudah lebih mudah dipahami oleh masyarakat awam. Seni musik terdiri dari alunan musik, alat musik, serta dapat ditambahkan olah vokal. Musik merupakan salah satu cabang seni yang melibatkan melodi, vokal, harmoni, ritme, dan tempo sebagai sarana mengungkapkan ekspresi penciptanya. Saat ini, seni musik sudah menjadi salah satu cabang seni yang dapat dipelajari di sekolah. Seni musik jika serius ditekuni dapat menjadi cabang pekerjaan yang menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Musik juga sebagai sarana hiburan populer seiring dengan perkembangan teknologi. Seiring dengan terkenalnya musik yang diimbangi seni di dalamnya, maka lahirlah istilah seni musik.

pengertian seni musik

Arti dari seni musik telah banyak dipelajari oleh para ahli dan para pecinta cabang seni. Kata musik berasal dari bahasa Inggris yaitu music, atau dari bahasa Belanda muziek. Para ahli berpendapat bahwa kata musik berasal dari nama dewa kesenian dalam mitologi Yunani kuno bernama muse. Seni musik terdiri dari dua suku kata, yaitu seni dan musik. Seni diartikan sebagai hasil cipta, rasa, karsa manusia yang bernilai keindahan. Kata musik sendiri diartikan sebagai hasil pengolahan nada atau suara, harmoni, melodi, ritme, tempo, dan vokal. Ketika dua kata tersebut disatukan, muncul istilah seni musik yang berarti sebuah karya yang terbentuk dari bunyi-bunyian bernada dengan harmoni yang indah.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Banyak para ahli mengemukakan berbagai pengertian seni musik. Dari sekian banyak pengertian tersebut, berikut akan dipaparkan beberapa diantaranya. Sylado mengatakan bahwa seni musik adalah wujud dari kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelasnya yang beliau maksud bahwa alunan musik dengan nada yang berjiwa akan mampu menggerakkan hati penikmatnya. Sebagai seorang ahli kamus, Lexicographer menyatakan bahwa seni musik merupakan kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

Pengertian seni musik menurut Jamalus adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptaannya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan. Musik yang berasal dari kata muse yaitu salah satu dewa dalam mitologi Yunani kuno bagi cabang seni dan ilmu (dewa seni dan ilmu pengetahuan). Selain itu, Banoe juga berpendapat bahwa musik merupakan cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia. Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa seni musik adalah karya seni yang timbul dari ungkapan ekspresi seseorang yang tertuang dalam tangga nada atau suara yang harmonis dan indah.