Pengertian Seni Lukis Yang Mungkin Belum Anda Tahu

598 views

Pengertian seni lukis menurut para ahli menjadi dasar pembelajaran dan penerapan mengenai suatu ilmu seni. Berbicara tentang seni pasti tidak akan pernah ada habisnya. Seni akan selalu berkembang seiring perkembangan jaman. Sebagai salah satu cabang ilmu yang mengedepankan unsur keindahan dan nilai estetika tinggi yang tak lepas dari seluk beluk kehidupan manusia, begitu pula dengan seni lukis. Seni adalah sesuatu yang bernilai estetis, yang mampu mengubah benda mati seakan lebih hidup. Seni lukis sendiri merupakan salah satu bagian dari kesenian yang menghasilkan benda mati yang terwujud dalam bentuk gambar, baik dua dimensi atau pun tiga dimensi.

pengertian seni lukis

Seni adalah segala sesuatu yang memiliki yang diciptakan dan mengandung unsur keindahan. Seni berasal dari bahasa sanksekerta sani yang berarti pemujaan, persembahan, dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan. Menurut Padmapusphita, seni berasal dari bahasa Belanda genie atau genius dalam bahasa latin, yang mempunyai arti kemampuan luar biasa sejak lahir. Ditinjau dari ilmu Eropa, seni berasal dari kata art yang berarti artivisual yaitu suatu media yang menjalankan kegiatan tertentu. Banyak orang berdedikasi pada bidang seni lukis. Menurut para pelukis, mereka dapat menuangkan apapun yang dipikirkan dan dirasakan termasuk ide serta gagasan, tanpa ada batasan dan larangan dari siapapun.

Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

Pada dasarnya pengertian seni lukis menurut para ahli dapat dimaknai berbeda-beda dan tidak lepas dari masa dimana ahli tersebut hidup. Seorang imuwan sekaligus filsuf bernama Aristoteles memberikan pengertian, bahwa seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu meniru alam. Sedangkan Brade mengatakan bahwa seni lukis adalah pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual manusia. Jadi menurut beliau, dapat dikatakan seni lukis jika mampu memberikan kebahagiaan pada seseorang yang melihatnya. Pengertian seni menurut Immanuel Kant adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.

Menurut M. Adler, pengertian seni lukis adalah sesuatu yang memberikan kesenangan. Sama seperti apa yang diungkapkan Brade. Salah satu tokoh pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara menuturkan bahwa seni adalah hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itulah seni. Menurut Sudarmaji, pengertian seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, terstur, volume, dan gelap terang. Menurut Slamet Riyanto, seni lukis adalah satu bagian dari ilmu desain grafis. Nah, itu tadi beberapa pengertian mengenai seni lukis menurut para ahli. Bagaimana? Apakah Anda menjadi tertarik mempelajari seni lukis?