Pengertian Penegakan Hukum Menurut Para Ahli

3110 views

Pengertian Penegakan Hukum Menurut Para Ahli untuk Mencapai Keadilan

Pengertian penegakan hukum menurut para ahli sangatlah beragam. Hal ini tak lepas dari pandangan masing-masing orang mengenai sebuah penegakan hukum. Penegakan hukum adalah sebuah hal yang sangat penting. Dengan sebuah penegakan hukum yang adil dan juga transparan akan tercipta sebuah kondisi yang aman dan tentram tanpa adanya protes dari satu pihak yang merasa dirugikan karena penegakan sebuah hukum. Untuk lebih jelas mengenai pendapat ahli tentang penegakan hukum simak beberapa penuturan ahli berikut.

pengertian penegakan hukum menurut para ahli

Definisi penegakan hukum menurut para ahli yang pertama adalah sebuah definisi yang dicetuskan oleh Satjipto Raharjo. Menurutnya, penegakan hukum adalah sebuah kegiatan yang memunculkan atau terwujudnya keinginan hukum yang menjadi nyata. Dalam hal ini keinginan-keinginan dari pengertian penegakan hukum menurut para ahli adalah sebuah hukum yang telah dirumuskan dan dibentuk sehingga siap untuk dijadikan landasan kuat. Tingkat keberhasilan dari penegakan hukum sendiri sangat bergantung pada pihak terkait yang berkewajiban untuk terwujudnya sebuah penegakan hukum yang adil.

Pengertian penegakan hukum menurut para ahli selanjutnya adalah dari Soerjono Soekanto. Menurutnya, ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi penegakan hukum. Yang pertama adalah berkaitan dengan hukum atau peraturan perundangannya. Selanjutnya, ada pihak yang terlibat langsung dengan kasus seperti aparat yang bertugas. Yang berikutnya adalah adanya fasilitas penegakan hukum yang menunjang. Dan yang terakhir adalah faktor kebudayaan dan masyarakat yang sangat berpengaruh pada sebuah kehidupan hukum suatu negara. Itulah beberapa arti penegakan hukum menurut para ahli. Semoga kita selalu menjadi orang yang selalu taat hukum dan juga selalu ikut dalam sebuah proses tegaknya hukum di negara kita.