Pengertian Pendekatan Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

686 views

Dalam pelaksanaan pembelajaran seorang pengajar tentunya memiliki strategi pembelajaran dimana digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan pembelajaran. Namun untuk menyampaikan strategi tersebut, tentunya pengajar memiliki pendekatan tersendiri kepada peserta didik. Dengan demikian pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal dan tercapai tujuan pembelajaran tersebut. Namun apa sajakah pengertian pendekatan pembelajaran yang di definisikan oleh ahli pendidikan. Berikut ini akan kami sampaikan secara lebih rinci mengenai pengertian pendekatan pembelajaran.

pengertian pendekatan pembelajaran

Pengertian Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli

Sebagai lembaga pendidikan di Indonesia, Depdikbud juga berperan dalam mengartikan pendekatan pendidikan dimana pengertian pendekatan pembelajaran sebagai sebuah proses, perbuatan atau cara yang mendekati sesuatu. Sedangkan pendapat menurut Wahjoedi adalah cara dalam mengelola kegiatan belajar dan juga perilaku siswa agar dapat aktif melakukan tugas belajar dengan demikian dapat mencapai hasil belajar dengan optimal. Di sisi lain, Syaifuddin Sagala juga mendefinisikan pendekatan pembelajaran, dimana diartikan sebagai jalan yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam mencapai tujuan instruksional untuk suatu satuan instruksional tertentu.

Ahli pendidikan lainnya juga mengartikan pendekatan pendidikan sebagai sudut pandang pengajar terhadap proses pembelajaran. Dimana pendekatan yang terpusat pada pengajar dalam menurunkan strategi pembelajaran langsung, pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif. Pengertian pendekatan pembelajaran bagi Suherman merupakan cara menampilkan pendekatan dalam pembelajaran adalah suatu cara. Dimana cara atau kebijaksanaan tersebut ditempuh oleh pengajar atau peserta dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang dilihat dari sudut bagaimana proses pembelajaran.

Tidak hanya itu pendekatan pembelajaran juga diartikan oleh Joni menjadi sebuah cara yang umum dalam memandang suatu permasalahan atau objek kajian. Sehingga dapat disampaikan bahwa suatu pendekatan tersebut merupakan cara memandang pembelajaran. Berdasarkan ahli pendidikan Cecep pemaknaan pendekatan pembelajaran menjadi konsep dasar dalam mengemas dan menginspirasi, melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu. Pendekatan pembelajaran juga menjadi arah yang dijalani baik pengajar maupun peserta didik dalam mencapai batas yang ditentukan. Disamping itu materi pembelajaran menjadi bagian dari objek pendekatan pengajaran, contohnya pemahaman suatu prinsip dengan memanfaatkan pendekatan induktif ataupun deduktif.

Pada akhirnya pendekatan pembelajaran dapat disimpulkan menjadi suatu rangkaian tindakan yang telah terorganisir berdasarkan prinsip-prinsip tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang memiliki tujuan secara sistematis pada tujuan-tujuan yang hendak dicapai. Tidak hanya itu dimana pendekatan pembelajaran adalah juga merupakan suatu rangkaian tindakan pembelajaran yang didasari oleh beberapa prinsip dasar tertentu diantaranya filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis yang menjadi mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran tertentu.