Pengertian Pembelajaran Matematika dan Model Pembelajarannya

205 views

Matematika merupakan pelajaran yang tidak asing bagi setiap pelajar. Bahkan mulai dari anak berusia empat tahun sudah diajarkan cara berhitung. Berhitung juga merupakan ilmu paling mendasar sebelum memperoleh ilmu lain yang lebih lanjut dan mendalam. Pengertian pembelajaran matematika sendiri adalah proses pembelajaran yang dirancang untuk menciptakan suasana lingkungan yang memungkinkan pelajar melaksanakan kegiatan yang terencana tentang matematika yang dipelajari. Proses ini dapat digunakan untuk membantu siswa memahami pelajaran berhitung dan rumus-rumusnya. Matematika selama ini dirasa merupakan pelajaran paling sulit karena banyak sekali rumus yang cukup rumit untuk dipelajari.

pengertian pembelajaran matematika

Apa yang Dimaksud dengan Pembelajaran Matematika Realistik?

Selain pengertian pembelajaran matematika, ada beberapa model pembelajaran yang sering diterapkan, salah satunya adalah matematika realistik. Pengertian pembelajaran matematika realistik yaitu pemanfaatan realitas dan lingkungan yang dipahami peserta didik untuk memperlancar proses belajar materi matematika. Realita yang dimaksudkan di sini adalah hal-hal nyata yang dapat diamati peserta didik melalui proses membayangkan. Sedangkan yang dimaksud lingkungan adalah tempat peserta didik tinggal, baik sekolah ataupun rumah tinggal. Oleh sebab itu, pembelajaran ini disesuaikan dengan lingkungan sekolah masing-masing daerah. Proses ini lebih menekankan siswa yang aktif dan guru hanya menjadi pendamping. Adapun langkah-langkah yang harus diperhatikan jika menggunakan pembelajaran matematika realistik antara lainĀ  memahami latar belakang masalah yang diberikan oleh pendidik. Berikutnya menjelaskan latar belakang masalah yang ada dalam aktivitas sehari-hari. Kemudian memecahkan masalah yang terjadi dengan cara sendiri. Setelah itu, membandingkan dan mendiskusikan jawaban yang diperoleh dengan guru dan kelompok lain. Langkah terakhir adalah menyimpulkan hasil diskusi. Akan tetapi, ada juga kekurangan saat menerapkan model pembelajaran realistik ini. Salah satu kesulitannya ada pada proses menemukan soal yang berhubungan dengan keadaan lingkungan nyata serta sulitnya pendidik untuk mendorong siswa dalam menemukan cara menyelesaikan masalah.

Setelah memahami pengertian pembelajaran matematika dan model matematika realistik. Tentunya setiap pembelajaran mempunyai tujuan dan fungsinya. Fungsi dari mempelajari matematika adalah memahami rumus, simbol atau angka-angka yang digunakan dalam berkomunikasi. Perlu diketahui bahwa berhitung sudah sangat melekat dalam kehidupan. Sedangkan simbol berfungsi untuk mengomunikasikan ide secara maksimal dan tepat untuk memecahkan masalah. Selain fungsi, ada pula tujuan dari belajar matematika yang perlu diketahui.

Tujuan yang pertama adalah melatih siswa untuk berpikir logis dan kritis karena semua rumus yang dihadapi sudah disesuaikan dengan pertimbangan rasional. Kedua, rumus-rumus yang ada diharapkan mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia usaha dan bisnis. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, banyak siswa yang merasa kesulitan untuk menerjemahkan rumus dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Untuk itulah, sebelum belajar matematika, akan lebih baik jika siswa memahami pengertian pembelajaran matematika dan model-modelnya.