Pengertian Negara Menurut Para Ahli Dunia

781 views

Manusia terlahir sebagai makhluk sosial dimana dalam kehidupan sehari-hari tentunya tidak akan mampu hidup secara mandiri. Dimana untuk mencapai tujuan hidupnya, manusia selalu membutuhkan dan tergantung akan bantuan manusia lainnya. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Aristoteles, dimana manusia juga mendapat sebutan sebagai zoon politicon. Hal tersebut sama halnya, manusia yang mempunyai dorongan keinginan untuk berkumpul dan hidup bersama ataupun berkelompok dengan orang lain dalam suatu kelompok atau masyarakat. Demikian pula dengan dengan pengertian negara menurut para ahli yang akan lebih lanjut dalam ulasan berikut ini.

pengertian negara menurut para ahli

Pengertian Negara Menurut Para Ahli di Dunia

Secara umum, negara merupakan wilayah yang ditempati oleh sejumlah manusia dalam jumlah yang cukup besar, dimana unsur-unsur negaranya telah terpenuhi, diantaranya masyarakat, wilayah, pemerintah, dan juga pengakuan dari negara-negara lainnya. Namun lebih lengkapnya berikut ini akan bisa Anda pahami pengertian negara menurut para ahli. Harold J. Laski yang mendefinisikan negara sebagai suatu masyarakat yang saling berkaitan karena mempunyai wewenang. Sifat kewenangannya memang memaksa dan yang secara sah lebih tinggi dibandingkan individu/kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu.

Pengertian negara menurut Robert M. Mac. Iver didefiniskan sebagai suatu asosiasi atau perkumpulan dimana mengadakan penertiban di dalam masyarakan yang menjadi wilayahnya. Dalam wilayah tersebut terdapat sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang diberikan kekuasaan yang bersifat memaksa yang dijadikan dasar peraturan. Menurut Robert M. Mac. Iver Ini suatu wilayah dapat dikatakan sebagai negara ketika telah memenuhi unsur pemerintahan, komunitas, atau rakyat dan juga wilayah.

Selanjutnya pengertian negara menurut para ahli oleh Karl Marx diartikan sebagai suatu bentuk kekuasaan bagi manusia yang digunakan untuk menindas orang lain. Pengertian dari Karl Marx ini tidak semestinya diartikan secara begitu saja. Tidak hanya itu George Jellinek juga memaknai negara sebagai suatu kekuatan yang datangnya asli bukan didapat dari suatu kekuatan yang paling tertinggi, melainkan kekuatan rakyat. Sejalan dengan makna negara sebelumnya, Roger F. Soltau menyatakan sebuah negara adalah alat atau wewenang dalam mengatur dan mengendalikan suatu persoalan atas nama masyarakat.

Selain beberapa pendapat mengenai definisi negara, berikut ini juga terdapat pengertian negara yang telah kami rangkum semoga bermanfaat.

  1. Benedictus De Spinoza : negara adalah susunan masyarakat yang integral (kesatuan) antara semua golongan dan bagian dari seluruh anggota masyarakat (persatuan masyarakat organis).
  2. Roelof Krannenburg : negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.
  3. Logemann : negara adalah organisasi kemasyarakatan (ikatan kerja) yang mempunyai tujuan untuk mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaan.
  4. Plato : negara adalah suatu organisasi kekuasaan manusia/masyarakat dan merupakan sarana untuk tercapainya tujuan bersama.