Pengertian Model Pembelajaran Secara Lebih Mendalam

570 views

Pengertian model pembelajaran wajib dipahami untuk mampu mendefinisikan kriteria model pembelajaran yang baik. Beberapa kriteria tersebut adalah, pertama valid, mengenai validitas ini ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu apakah model yang akan dikembangkan didasarkan terhadap rasionalitas dan apakah terdapat konsistensi internal. Syarat yang kedua adalah praktis. Suatu model pembelajaran dikatakan memenuhi syarat jika model pembelajaran yang dikembangkan tersebut dapat diterapkan. Syarat yang ketiga adalah efektif. Dimana model pembelajaran yang akan dikembangkan berkaitan dengan aspek efektifitas. Bagaimana model tersebut mampu memberikan hasil yang sama saat dioperasionalkan dan apa yang diharapkan.

pengertian model pembelajaran

Para pakar memang menyaratkan adanya suatu prasarat untuk membuat model pembelajaran. Model pembelajaran sangat penting peranannya bagi para guru untuk membantu pembelajaran di kelas. Para pakar pembelajaran menyatakan bahwa tak ada satupun jenis model pembelajaran yang paling baik. Namun berbagai model pembelajaran layaknya dilakukan uji coba pada sebuah mata pelajaran. Oleh sebab itu diperlukan adanya model yang diaplikasikan pada setiap materi tertentu pada mata pelajaran tertentu. Bagaimana layaknya pengertian dari sebuah model pembelajaran menurut para ahli? Berikut kami paparkan untuk Anda.

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Banyak ahli yang mendefinisikan mengenai model pembelajaran. Para ahli tersebut merupakan kalangan akademisi pendidikan yang menjelaskan mengenai model pembelajaran. Pendapat para ahli ini tentunya akan membantu para akademisi atau peneliti untuk merumuskan sebuah model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan para siswa. Pengertian model pembelajaran menurut Slavin (2010) merupakan suatu kerangka acuan kepada pendekatan dalam pembelajaran. Tujuannya adalah untuk membuat sintaks, lingkungan dan sistem pengelolanya.

Pengertian tentang model pembelajaran juga banyak disebutkan oleh para akademisi yang lainnya. Salah satunya adalah yang disebutkan oleh Trianto. Trianto (2009) menyebutkan bahwa model pembelajaran merupakan pendekatan yang luas dan menyeluruh serta mampu diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajaran, memiliki sintaks atau urutan pembelajaran dan sifat lingkungan belajarnya. Trianto menambahkan bahwa model pembelajaran merupakan acuan sebagai perencanaan dalam pembelajaran di kelas untuk menentukan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan bahan yang akan diajarkan. Model pembelajaran merupakan aspek vital dalam pembelajaran yang bisa meningkatkan performa peserta didik dalam pembelajaran sehingga tercipta visi misi pembelajaran.

Pengertian model pembelajaran menurut para ahli lainnya diantaranya adalah Arends. Menurut Arends ada empat hal perlu diperhatikan yaitu rasionalitas yang logis yang disusun oleh para penciptanya, memiliki titik pandang atau landasan pemikiran yang mengenai bagaimana siswa mampu belajar, bagaimana para guru mampu mengajar dengan model pembelajaran yang dapat berlangsung dengan baik, selain itu diperlukan struktur kelas yang diperlukan guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya dari model pembelajaran tersebut.