Pengertian Metode Pembelajaran Yang Wajib Anda Pahami

513 views

Pengertian metode pembelajaran banyak disebutkan oleh para ahli. Dalam sebuah pembelajaran terdapat proses belajar mengajar yang bertujuan untuk membuat siswa mampu kreatif dan menjadi lebih cerdas yang dapat digunakan untuk bekal setelah selesai menempuh proses pendidikan. Seorang guru atau pengajar berperan sangat penting dalam proses pembelajaran. Guru berperan menjadi pendonor ilmu bagi siswa yang menimbulkan minat belajar yang tinggi untuk siswa. Proses menumbuhkan minat sangat sulit untuk ditumbuhkan pada siswa. Oleh karena itu diperlukan metode untuk membangkitkan minat siswa dalam proses pembelajaran saat berlangsung.

pengertian metode pembelajaran

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

Seorang guru selalu memiliki cara untuk menjalankan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih menarik. Seorang pengajar mampu selalu memiliki proses yang terstruktur yang jelas dan sistematis. Tentunya ada patokan-patokan yang dipenuhi oleh para guru tersebut untuk memenuhi bagaimana tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh para guru tersebut. Tentunya tujuan-tujuan tersebut bisa dicapai dengan adanya metode yang digunakan. Metode itulah yang disebut dengan metode pembelajaran.

Metode pembelajaran menurut para ahli memiliki banyak definisi. Pengertian metode pembelajaran salah satunya disebutkan oleh Herbert Byson, beliau menyebutkan bahwa metode pembelajaran merupakan teknik yang digeneralisasikan agar menjadi baik dan diterima atau bahkan yang diterapkan secara seksama dalam praktek disiplin ilmu dan praktek sehari-hari yang dilakukan oleh siswa. Selanjutnya disebutkan bahwa kata metode berasal dari kata methodos bahasa Yunani yang artinya jalan atau cara. Cara yang disebut ini merupakan upaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Selain itu menurut Max Siporin menjelaskan bahwa metode pembelajaran merupakan sebuah orientasi aktifitas yang bertujuan untuk menjalankan tugas-tugas secara nyata dalam proses belajar dan mengajar. Rahyubi menyebutkan bahwa metode pembelajaran merupakan suatu kegiatan transfer ilmu pengetahuan yang dilakukan dengan mudah sehingga dapat membantu siswa menjadi lebih memahami pelajaran yang diberikan melalui sebuah metode mengajar. Hamid Darmadi menyebutkan bahwa metode pembelajaran merupakan suatu jalan untuk mencapai tujuan dalam proses pembelajaran. Selain itu Sri Anitah dan Yeti Supriyati juga menyebutkan bahwa metode pembelajaran bisa bermakna suatu cara yang teratur dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah disusun sebelumnya.

Berdasarkan pendapat menurut para ahli tersebut pengertian metode pembelajaran merupakan suatu cara untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan berbagai macam cara dan variasi yang bertujuan agar tujuan pembelajaran yang ditentukan sebelumnya bisa tercapai dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran juga akan berpengaruh terhadap bagaimana proses pembelajaran akan berlangsung. Karena pentingnya metode yang akan digunakan inilah mengapa proses pembelajaran harus memiliki metode yang tepat untuk menjalankan tujuan dan menumbuhkan minat siswa untuk belajar.