Pengertian Media Pembelajaran Yang Harus Anda Pamami

453 views

Dalam sebuah pembelajaran tak akan lepas dari alat penyampai pesan dalam pembelajaran tersebut. Perantara menyampaikan pesan pembelajaran yang berupa seperangkat benda atau hal teknis merupakan media dalam pembelajaran. Suatu transfer ilmu dalam pembelajaran tak akan pernah terjadi tanpa adanya media pembelajaran. Sebelum memahami mengenai pengertian media pembelajaran ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang disebut dengan media.

pengertian media pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian tentang media akan memudahkan Anda dalam memahami peranan media pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran. Media berasal dari kata medius yang merupakan bahasa latin yang artinya adalah tengah, perantara atau pengantar. Melihat makna harfiah dari kata media tentunya bisa diterjemahkan bahwa media bermakna sesuai hal yang digunakan sebagai perantara. Hal ini kini bisa dimaknai sebagai suatu proses grafis, fotografis, atau barang barang elektronik untuk memenangkan atau memproses dan menyusun ulang suatu informasi baik secara visual atau verbal.

Setelah memahami pengertian media, tentunya Anda akan lebih mudah lagi untuk memahami pengertian media pembelajaran. Secara harfiah tentu dapat dipahami bahwa media pembelajaran merupakan perantara yang digunakan dalam proses pembelajaran atau proses belajar dan mengajar. Ada beberapa pendapat tokoh yang bisa Anda kutip mengenai pengertian media pembelajaran. Schramm berpendapat bahwa media pembelajaran merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk membawa pesan atau informasi dalam proses belajar dan mengajar. Selain Schramm, Miarso juga berpendapat mengenai sebuah media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian para peserta didik sehingga mampu mendorong terjadinya proses pembelajaran yang efektif. Tak hanya itu, Briggs juga menyebutkan bahwa media pembelajaran merupakan sebuah sarana fisik untuk menyampaikan pengetahuan dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa berupa tampilan visual, audio dan audio visual.

Selain itu pengertian media pembelajaran menurut pakar pendidikan lainnya seperti diungkapkan oleh the national education yang menyebutkan bahwa media pendidikan merupakan sarana baik berupa cetak, pandang dan dengar termasuk teknologi perangkat lunak yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. Tak hanya itu, salah satu pakar pendidikan Indonesia yaitu Oemar Hamalik juga menyebutkan bahwa media pembelajaran merupakan alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam proses belajar dan mengajar.

Melihat banyak sekali tokoh tokoh pendidikan yang menjelaskan tentang pengertian media pembelajaran kita bisa menyimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan suatu teknik, alat, maupun metode yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran berlangsung. Media ini bisa berupa teks, cetak, audio, visual dan lainnya yang akan membantu melangsungkan tujuan pembelajaran. Media pembelajaran ini juga yang akan membantu membuat siswa menjadi semakin bersemangat dan mudah dalam menangkap proses transfer ilmu yang dilakukan.