Pengertian Informasi Verbal Secara Umum

3136 views

Definisi informasi secara umum merupakan hasil dari olahan data yang berguna bagi penerimanya untuk mengambil keputusan. Sedangkan verbal jika dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki pengertian lisan atau tidak tertulis. Lalu apa yang dimaksud dengan pengertian informasi verbal ? Saat orang lain menyampaikan informasi secara verbal, maka Anda otomatis akan menyimak untuk menyerap makna dan arti dari informasi tersebut. Nah, dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa informasi verbal merupakan hasil olahan data yang disampaikan melalui penjelasan atau uraian, baik melalui lisan maupun tulisan. Sementara itu, terdapat pula informasi non verbal yang disajikan secara visual.

pengertian informasi verbal

Pengertian Informasi Verbal dan Nonverbal Serta Contohnya Lengkap

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pengertian informasi verbal dan nonverbal serta contohnya dibedakan berdasarkan cara penyampaian kepada si penerima informasi. Informasi verbal adalah hasil data yang diperoleh kemudian diolah dan disampaikan secara lisan maupun tulisan kepada penerimanya. Si penerima kemudian menyimak melalui indra pendengaran dan penglihatan untuk dapat memahami informasi yang diterima. Sedangkan informasi non verbal adalah hasil data yang diolah dan disampaikan secara visual, dimana penerimanya menangkap makna informasi melalui indera penglihatannya. Menyimak merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyerap makna dan juga arti dari informasi yang disampaikan baik secara lisan maupun tulisan. Jika melihat pengertian informasi verbal tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa informasi ini berbentuk uraian, penjelasan atau ulasan. Informasi tersebut lebih sering digunakan untuk banyak kalangan dalam menyerap informasi karena lebih mudah dipahami dan dicerna. Contoh informasi verbal ini bisa ditemui pada uraian buku teks, penjelasan pembawa berita di televisi, radio dan lain sebagainya atau bisa juga melalui lawan bicara. Informasi yang baik diolah dengan menggunakan data-data yang konkrit dan tidak dibuat-buat.

Berbeda dengan pengertian informasi verbal dan contohnya tersebut, informasi non verbal justru tidak mengandung uraian, penjelasan maupun ulasan. Sebab informasi ini disajikan dalam bentuk berupa bagan, tabel, grafik, matrik dan denah. Grafik sendiri merupakan gambaran suatu data atau keadaan yang dinyatakan dalam bentuk gambar dan garis. Garis tersebut menunjukkan pasang surut data hasil olahan. Sekedar informasi, grafik dibedakan berdasarkan bentuk penyajiannya yaitu grafik garis, grafik batang dan grafik lingkaran. Contoh informasi non verbal lainnya adalah tabel. Tabel merupakan daftar yang mencakup sejumlah data olah informasi. Umumnya berupa bilangan dan kata-kata yang kemudian tersusun secara runut dan sistematis. Tabel ini disajikan dalam kumpulan garis-garis yang membentuk kolom dan deret yang mudah dimaknai.

Sekian ulasan mengenai perbedaan pengertian informasi verbal dan informasi non verbal beserta contohnya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda yang masih belum paham mengenai kedua perbedaan informasi tersebut.