Pengertian Informasi Menurut Para Ahli di Bidangnya

769 views

Ada banyak pandangan mengenai pengertian informasi menurut para ahli. Meskipun begitu, perbedaan persepsi tersebut mengacu pada inti yang sama. Seperti yang diketahui, sumber informasi adalah berbentuk data, yang mana menyatakan atau menggambarkan keadaan nyata suatu kejadian pada saat tertentu. Data yang diperoleh dari cerita, penelitian dan lain sebagainya kemudian diolah dengan metode-metode tertentu untuk menghasilkan informasi yang bisa dipahami oleh manusia. Setelah mengerti apa itu data, lalu apa yang dimaksud informasi itu sendiri? Pengertian informasi ini dituangkan dalam sudut pandang yang berbeda oleh para pakarnya. Mereka yang mengutarakan pendapatnya terkait pengertian informasi tentunya merupakan orang-orang yang memang ahli di bidangnya. Maka dari itu, tak heran jika pendapat tersebut dijadikan referensi oleh para civitas academica, baik untuk tugas akhir maupun penelitian. Berikut ini adalah beberapa pengertian tentang informasi yang diambil dari beberapa buku terkenal.

pengertian informasi menurut para ahli

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya Lengkap

Pengertian informasi menurut para ahli dalam bukunya dapat kita temui pada buku Azhar Susanto yang diberi judul Sistem Informasi Akuntansi. Di mana pada buku tersebut disebutkan bahwa informasi adalah hasil yang diperoleh dari pengolahan data. Data-data tersebut memberikan manfaat dan juga arti tertentu. Selain Azhar, ada pula Jogianto yang mengulas arti informasi pada bukunya yang diberi judul Analisis dan Desain Sistem Informasi. Dituliskan bahwa informasi merupakan data yang selanjutnya diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna untuk penerima informasi. Lain halnya dengan pengertian informasi menurut para ahli yang diutarakan Tata Sutabri, S.Kom. MM. Beliau mengungkapkan bahwa informasi merupakan data yang sudah diolah, diinterpretasikan atau klasifikasikan untuk dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan. Pernyataan lainnya juga diungkapkan oleh Raymond Mc.leod. Menurutnya, informasi adalah sebuah data yang diolah membentuk suatu hal yang memiliki arti atau hasil interpretasi bagi si penerima. Data tersebut kemudian sangat bermanfaat untuk pengambilan keputusan, entah untuk saat ini atau masa yang akan datang.

Seperti yang kita lihat, meskipun dibalut dengan kalimat yang berbeda-beda, pengertian informasi menurut para ahli mengacu pada tujuan yang sama yaitu untuk proses mengambil keputusan. Karena itu, dapat diketahui bahwa secara umum pengertian informasi adalah suatu hasil yang diperoleh dari proses pengolahan data menjadi bentuk yang lebih bermanfaat dan berarti bagi penerimanya untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

Data yang diperoleh untuk menghasilkan informasi haruslah akurat, teruji, tepat waktu dan juga relevan dengan apa yang dibutuhkan bagi si penerima. Demikian ulasan mengenai pengertian informasi menurut para ahli dari bukunya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi terkait hal tersebut, baik untuk akademik maupun non akademik.