Pengertian Informasi dan Komunikasi Secara Umum

1160 views

Seperti yang diketahui, komunikasi memiliki peran yang sangat penting untuk menyampaikan informasi. Melihat hal tersebut, maka tak heran jika banyak masyarakat yang mulai mempertanyakan pengertian informasi dan komunikasi. Dalam menjalankan kehidupan dan aktivitas sehari-hari, komunikasi dibutuhkan manusia untuk menyampaikan dan mendapatkan informasi. Misalnya saja komunikasi antara anak dan orang tua, wanita dengan pria dan lain sebagainya. Dari komunikasi tersebut, akan diperoleh informasi yang dibutuhkan oleh si penerima untuk melakukan tindak keputusan. Lalu apa yang dimaksud dengan komunikasi dan juga informasi?

pengertian informasi dan komunikasi

Pengertian Informasi dan Komunikasi Menurut Para Ahli di Bidangnya

Menurut Robert G. Murdick, informasi adalah data yang didapatkan kemudian diproses atau diolah dan digunakan sebagai uraian ataupun penjelasan. Uraian yang disampaikan tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk pembuatan keputusan. Sedangkan berdasarkan penuturan Anton M. Meliono, informasi merupakan data yang sudah diproses untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dari tujuan-tujuan tersebut akan dihasilkan sebuah keputusan yang bisa digunakan. Sedangkan kata komunikasi merupakan hasil serapan bahasa Inggris yang berasal dari bahasa latin yakni communis. Bahasa ini memiliki pengertian membangun kebersamaan serta membagi satu sama lain antara dua orang atau lebih. Pengertian informasi dan komunikasi menurut para ahli ini dikemukakan dengan kosa kata yang berbeda namun mengandung pengertian yang hampir serupa. Misalnya saja pada definisi informasi yang tujuannya adalah sama-sama digunakan untuk pengambilan keputusan. Secara terminologi, definisi komunikasi sendiri adalah proses untuk menyampaikan suatu pernyataan dari satu pihak ke pihak lainnya agar bisa terhubung satu sama lain. Ternyata, pengertian informasi dan komunikasi ini dibedakan menjadi dua macam berdasarkan proses penyampaiannya. Informasi dibagi menjadi dua macam yaitu verbal dan non verbal. Sama halnya dengan informasi, komunikasi pun dibedakan menjadi verbal dan non verbal.

Informasi verbal adalah informasi yang dalam penyampaiannya berupa penjelasan atau uraian baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Sedangkan informasi non verbal adalah informasi yang disampaikan dalam bentuk visual berupa tabel, diagram, grafik dan lain sebagainya. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang dilakukan melalui lisan ataupun tulisan. Sedangkan komunikasi non verbal merupakan komunikasi yang menggunakan bahasa non lisan maupun tulisan misalnya ekspresi wajah, bahasa isyarat, sandi dan lainnya. Pengertian informasi dan komunikasi dikemukakan oleh para ahli di bidangnya. Salah satunya adalah Onong Uchjana Effendy seorang ahli yang berpendapat bahwa komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan dari satu pihak kepada pihak lain dengan tujuan khusus yaitu mengeluarkan pendapat dan memberi tahu.

Pada dasarnya, pengertian informasi dan komunikasi memiliki keterkaitan satu sama lain, di mana komunikasi membutuhkan informasi dan juga sebaliknya. Oleh karena itu, tak heran jika untuk melakukan komunikasi yang baik, informasi yang diperoleh harus benar-benar konkrit sehingga tidak menimbulkan salah paham di antara kedua belah pihak baik yang mendengarkan maupun yang memberi informasi.