Pengertian Informasi Akuntansi Beserta Contohnya

999 views

Seperti yang diketahui, informasi adalah suatu data yang sangat berguna sehingga diolah dan diproses untuk dijadikan sebagai pertimbangan dasar dalam pengambilan keputusan yang tepat. Informasi yang berbobot mengandung karakteristik yang realible, tepat waktu, lengkap, relevan dan akurat. Lalu apa yang dimaksud dengan pengertian informasi akuntansi ? Akuntansi sendiri sebenarnya masuk dalam kategori sistem informasi, di mana data yang disajikan berupa kata-kata dan angka yang mudah dipahami. Sederhananya, saat Anda membicarakan uang maka akan sangat sulit jika setiap angka diuraikan dalam bentuk penjelasan dan uraian. Maka dari itulah tercipta sistem informasi akuntansi yang mencakup data-data penting terkait transaksi, laporan keuangan, laporan pengeluaran, untung, rugi, neraca kas dan lain sebagainya.

pengertian informasi akuntansi

Pengertian Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli Ekonomi

Terdapat perbedaan pendapat terkait pengertian informasi akuntansi. Sebelum membahas sistemnya, maka perlu diketahui makna atau definisi dari akuntansi itu sendiri. Menurut American Accounting Association, akuntansi adalah sebuah proses pencatatan, pengidentifikasian, laporan, dan  pengukuran data transaksi keuangan suatu organisasi. Hasil data tersebut kemudian dijadikan sebagai informasi untuk pengambilan keputusan mengenai masalah ekonomi. Pengertian informasi akuntansi menurut para ahli ini berbeda dengan penyampaian Dr. M. Gede, yang justru dari sudut pandangnya, ia menyatakan bahwa akuntansi adalah suatu seni dan ilmu pencatatan yang dilakukan secara kontinyu sesuai dengan aturan dan sistem yang diterapkan. Proses pengolahan data dan analisis catatan ini disusun secara sistematis hingga menjadi sebuah laporan keuangan yang sangat dibutuhkan sebagai bentuk pertanggung jawaban pimpinan, karyawan maupun lembaga, terkait keselarasan antara kinerja dengan pengeluaran.

Pengertian informasi akuntansi juga dikemukakan oleh Accounting Principles Board, yang mana akuntansi adalah kegiatan jasa yang memiliki fungsi untuk menyediakan data informasi secara kuantitatif khususnya di bidang keuangan yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan masalah ekonomi. Setelah melihat beberapa pengertian mengenai akuntansi tersebut, maka bisa dikatakan bahwa informasi akuntansi merupakan data yang diproses dan diolah dalam bentuk pencatatan yang runtun terkait dengan keuangan ataupun transaksi sehingga dapat digunakan oleh pihak yang membutuhkan seperti perusahaan, lembaga, pengusaha dan lain-lain. Adanya informasi akuntansi dibuat untuk mencapai beberapa tujuan di antaranya adalah menyediakan data terkait pengelolaan keuangan, ketepatan penyajian ataupun struktur organisasinya.

Sekedar informasi, dalam menjalankan sebuah perusahaan dibutuhkan sistem informasi akuntansi yang konkrit dan tersusun rapi agar keuangan dapat dikelola dengan baik. Maka dari itu, tak heran jika perusahaan dengan manajemen yang baik memiliki sistem informasi akuntansi yang terstruktur dan fungsional. Sebab, informasi tersebut merupakan landasan dasar dari sebuah perusahaan dalam menetapkan keputusan terkait masalah keuangan. Kesalahan dalam mengambil keputusan dari segi keuangan tentunya sangat mempengaruhi keadaan finansial perusahaan maupun organisasi. Demikian ulasan mengenai pengertian informasi akuntansi. Semoga bermanfaat.