Pengertian Hukum Yuridis

4691 views

Pengertian Hukum Yuridis dan Implementasinya dalam Masyarakat

Pengertian hukum yuridis yaitu semua hal yang mempunyai arti hukum yang diakui sah oleh pemerintah. Aturan ini bersifat baku dan mengikat semua orang di wilayah dimana hukum tersebut berlaku. Sehingga jika ada orang yang melanggar hukum tersebut bisa dikenai hukuman. Hal ini karena aturan tersebut memiliki sifat memaksa, sehingga semua orang tanpa terkecuali termasuk para penegak hukum juga harus mematuhinya.

pengertian hukum yuridis

Hukum yuridis ada yang bentuknya tertulis, ada juga yang berbentuk lisan. Contoh hukum yuridis dalam bentuk tertulis adalah undang-undang, peraturan pemerintah, keputusan presiden, peraturan gubernur, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh hukum yuridis dalam bentuk lisan yaitu hukum adat. Meskipun hadir dalam bentuk tidak tertulis, hukum adat wajib diindahkan dan dipatuhi oleh warga masyarakat dimana hukum adat itu berlaku. Di Indonesia, hukum adat berlaku sesuai adat masing-masing daerah, dan sangat bisa jadi hukum adat di satu daerah berbeda dengan daerah yang lain.

Hukum yuridis dalam bentuk tertulis memiliki kelengkapan hukum yang bertindak sebagai penegak hukum. Apabila terjadi kasus pelanggaran, maka aparat penegak hukum inilah yang akan mengurusi proses hukumnya. Ini berbeda dengan hukum adat. Karena tidak memiliki perangkat hukum, maka jika terjadi tindak pelanggaran, masyarakat sendirilah dipimpin ketua adat yang akan memberikan sanksi. Sanksi yang diberikan biasanya berupa sanksi sosial. Demikianlah informasi mengenai pengertian hukum yuridis dan implementasinya dalam masyarakat. Semoga bermanfaat.