Pengertian Hukum Subjektif

2546 views

Pengertian Hukum Subjektif Berkaitan Dengan Hukum Objektif

Pengertian hukum subjektif memang tidak bisa lepas dari sebuah hukum objektif. Jika dipersempit, arti hukum subjektif adalah sebuah hukum yang terpengaruh oleh hukum objektif. Dengan kata lain, antara hukum objektif dan subjektif memiliki hubungan sebab akibat. Jadi, jika salah seorang melakukan suatu hal maka orang terpengaruh akan hal tersebut itulah yang dinamakan hukum subjektif.

pengertian hukum subjektif

Pengertian hukum subjektif dan contohnya adalah sebagai berikut. Jika Anda melakukan sebuah transaksi keuangan sang pembeli atau penerima barang tentu secara hukum diharuskan untuk memberikan hak sang penjual yakni sebuah pembayaran. Selain itu dalam sebuah kerja berkelompok tentu akan muncul sebuah kewajiban dan hak yang harus dilakukan. Dengan kata lain jika salah satu mendapatkan sebuah hukum objektif, maka orang lain juga wajib melakukan hal yang sama tanpa harus saling membedakan. Nah, itulah yang menjadi pengertian hukum subjektif.

Keadilan adalah sebuah hal yang dijunjung tinggi dalam sebuah kehidupan sosial. Salah satu dasar hukum untuk sebuah keadilan adalah sebuah hukum subjektif. Dengan hak dan kewajiban yang sama dalam setiap pekerjaan atau pemenuhan hak yang diberikan atas sebuah jasa yang diberikan akan membuat kehidupan sosial menjadi lebih baik. Jika orang mengabaikan sebuah hukum subjektif akan berakibat akan adanya kesenjangan di antara pihak yang memiliki tanggung jawab yang sama. Nah, itulah pembahasan mengenai pengertian hukum subjektif. Sebagai orang yang bernegara tentu kita harus taat pada segala hukum yang ada.