Pengertian Hukum Secara Umum

22595 views

Di mana pun manusia berada, tentunya harus ada sebuah aturan atau hukum yang membatasi tingkah lakunya. Untuk itu hukum adalah suatu sistem yang dibuat oleh manusia sendiri yang berguna dalam membatasi tingkah laku manusia, sehingga tingkah aku mereka dapat lebih terkontrol. Setiap negara tentunya harus menetapkan hukum, yang menjadi dasar adanya jaminan kepastian hukum atas perilaku masyarakatnya. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai apa saja pengertian hukum secara umum.

pengertian hukum secara umum

Definisi Hukum Secara Umum

Dengan adanya hukum di setiap negara, tentunya masyarakat mendapatkan jaminan dan mendapat perlindungan hukum. Dengan kata lain hukum bisa juga diartikan sebagai peraturan-peraturan yang tertulis ataupun tidak tertulis yang mengatur kehidupan masyarakat dan memiliki sanksi bagi yang melanggarnya, dimana sanksi dari hukum ini bersifat memaksa dan mengikat. Jadi tidak mungkin masyarakat akan bisa terlepas dari hukum. Selain hukum yang dibuat oleh negara melalui DPR, di setiap lapisan masyarakat terdapat hukum yang tidak tertulis namun telah disepakati oleh banyak orang. Hukum yang bersifat seperti itu merupakan hukum adat atau kebiasaan di suatu tempat.

Selanjutnya membahas mengenai pengertian hukum secara umum terdapat beberapa hal yang telah berpendapat mengenai hukum itu sendiri. Dari kalangan tokoh dunia, Plato mendefinisikan hukum yang tertuang di dalam buku karyanya sendiri yang berjudul republik, di mana menurutnya hukum merupakan sistem peraturan-peraturan yang teratur dan tersusun secara baik yang mengikat masyarakat. Di sisi lain tokoh Aristoteles juga berpendapat mengenai hukum. Menurutnya hukum merupakan kumpulan peraturan yang tidak hanya mengikat masyarakat namun juga hakim. Selain itu menurut Aristoteles, undang-undang juga mempunyai peran dalam mengawasi hakim dalam melaksanakan jabatannya dalam memberi sanksi orang-orang yang bersalah.

Memang pada umumnya hukum diartikan sebagai norma yang digunakan oleh negara atau yang berwenang untuk mengikat masyarakat di mana tindakan tersebut bertujuan untuk mengadakan suatu kehidupan yang aman dan sejahtera. Hal tersebut juga sejalan dengan pengertian hukum menurut Van Kan, di mana hukum adalah keseluruhan peraturan yang memiliki sifat memaksa, yang bertujuan untuk melindungi manusia di dalam masyarakat. Peraturan yang berasal dari hukum tersebut diperlukan dalam melindungi kepentingan masyarakat dengan tertib.

Pengertian hukum secara umum dari tokoh kalangan tanah dinyatakan oleh dr. Soejono Dirdjosisworo S.H. arti hukum sendiri meliputi beberapa point antara lain:

  1. Hukum dalam arti ketentuan penguasa
  2. Hukum dalam arti penegak hukum
  3. Hukum dalam arti dalam arti sikap tindak
  4. Hukum dalam arti sistem kaidah
  5. Hukum dalam arti jalinan nilai
  6. Hukum dalam arti tata ilmu hukum
  7. Hukum dalam arti disiplin hukum.

Namun Soerojo Winjodipoero S.H. mengartikan hukum sebagai peraturan yang memaksa dan menentukan langkah manusia dalam lingkungan masyarakat dimana peraturan tersebut dibuat oleh badan resmi yang berwajib. Nah itulah beberapa arti hukum secara umum. Semoga bermanfaat.