Pengertian Hukum Rimba

5984 views

Pengertian Hukum Rimba dan Filosofinya di Indonesia

Pengertian hukum rimba sendiri secara harfiah tentu saja sudah banyak yang mengetahuinya. Hukum ini sudah dikenal sejak lama dan menjadi salah satu hukum yang dianggap tidak beradab. Makna hukum rimba sendiri dalam hukum adalah siapa yang kuat dia yang menang. Kuat di sini yang dimaksud adalah kuat dalam bertahan dan mencari pembenaran atas hal yang ingin dicapai. Jika kita maknai hukum ini hanya sepintas saja maka yang akan kita tangkap adalah hukum yang kejam dengan tidak memperhatikan keadilan yang ada.

pengertian hukum rimba

Dalam pengertian hukum rimba secara harfiah sendiri dikatakan bahwa siapa saja yang ingin menang maka harus kuat dan bisa melakukan apapun demi mencapai kemenangan tersebut. Jika hal ini diterapkan tanpa pertimbangan yang akan terjadi adalah ketidakadilan dan juga banyak hal buruk bisa terjadi karena orang akan melakukan apapun demi mencapai kemenangan dalam hukum. Bahkan dalam konteks paling kejam banyak yang akan melakukan kanibalisme hanya demi sebuah kemenangan individu ataupun kelompok. Padahal dasar hukum kita mengajarkan bahwa sebagai masyarakat harus gotong-royong dan berperilaku adil.

Jika ditelisik lebih mendalam di Indonesia pengertian pendidikan hukum rimba sendiri sudah dicontohkan oleh para penguasa di Indonesia. Banyak para penegak hukum yang belum maksimal dan adil dalam penegakan hukum. Yang terlihat adalah ketika oknum terjerat sebuah kasus dan oknum tersebut mempunyai power atau kekuatan yang terjadi adalah oknum tersebut lepas dari jeratan hukum. Jika dilihat dari pengertian hukum rimba, maka praktek ini sudah diterapkan di Indonesia sejak lama. Dari pemerintahan atau orang besarnya saja sudah mencontohkan bagaimana dengan yang lainnya? Jika ditelisik lebih dalam, mungkin akan ditemukan banyak kasus di Indonesia yang masih menggunakan hukum rimba ini.

Sebenarnya jika kita mau memaknai pengertian hukum rimba ini lebih mendalam dan mengambil positifnya, maka banyak hal positif yang bisa di ambil dari hukum rimba yang sesungguhnya dan terjadi di rimba atau hutan. Di hutan atau rimba sendiri arti hukum rimba adalah persaingan dan siapa yang kuat dialah yang menang. Namun setelah ada kemenangan pihak yang kalah atau hewan yang kalah akan mundur dengan terhormat dan mengakui kemenangan lawannya. Sebenarnya sifat dari rimba yang seperti inilah yang harusnya dicontoh oleh bangsa Indonesia saat ini.