Pengertian Hukum Represif

1829 views

Pengertian Hukum Represif Itu Apakah?

Hukum represif adalah sistem hukum yang berhubungan dengan masyarakat feodal. Namun, apakah perbedaan antara hukum represif dengan definisi dan kajian hukum pada umumnya? Pengertian hukum represif paling tidak akan mengahasilkan konsep yang berbeda dengan pengertian hukum secara umum, karena memiliki kata represif yang berarti menekan dalam kata kuncinya. Mari bersama kita bahas mengenai pengertian dan kajian seputar hukum represif ini, yuk!

pengertian hukum represif

Hukum represif merupakan suatu model tata cara mematuhi hukum. Selengkapnya terdapat tiga jenis cara atau model dalam mematuhi asas-asas hukum, yaitu represif, otonom, dan responsive. Pengertian hukum represif merujuk pada satu keadaan dimana kaidah-kaidah hukum yang diterapkan dalam suatu sistem masyarakat masih memiliki kelemahan, yakni ketundukannya pada penguasa. Hukum represif tidak akan bisa berdiri sendiri sebagai norma yang bebas seperti halnya hukum otonom. Dan juga tidak bisa menjadi hukum responsif dimana hukum merupakan suatu institusi sosial yang dilihat dari sudut bagaimana kaidah-kaidah dalam hukum bisa mengatur masyarakatnya dengan baik atau tidak.

Dari definisi hukum represif di atas pasti kita bisa menarik kesimpulan bahwa hukum dalam artian ini masih bersifat tradisional yang tidak sama rata atau pula sama kuat. Pengertian hukum represif sering dipakai dalam sistem hukum masyarakat feodal atau monarkis, dimana peran pemimpin lebih bisa memiliki derajat di atas segalanya. Jangan sampai hukum di negara kita jadi represif, ya!