Pengertian Hukum Privat

1857 views

Pengertian hukum privat ialah hukum yang terdapat di dalam peraturan hukum perdata yang mana di dalam hukum perdata memiliki 2 jenis hukum yaitu hukum privat dan hukum publik yang mana hukum privat mengatur ketetapan hukum dan kepentingan hak orang perorangan di dalam hukum perdata atau lebih jelas lagi hubungan hukum yang mengatur antar orang per orangan atau individu dengan individu yang lainnya yang bersifat khusus dan pribadi, yang mana di dalam hukum privat mengatur peraturan tersebut.

pengertian hukum privat

Bagi para penegak hukum jika Anda ingin menegakkan hukum di Indonesia tentunya dibutuhkan pemahaman terlebih dahulu atau diadakannya sosialisasi terhadap masyarakat setempat dikarenakan dengan adanya hukum baru yang telah disahkan, dan apabila hukum tersebut tidak dikenalkan terlebih dahulu maka sangatlah kasihan bagi Anda yang belum tahu dengan adanya peraturan hukum yang baru tak terkecuali dengan pengertian hukum privat yang mana hukum privat ini sangat berperan dalam sebuah hukum.

Untuk mengetahui lebih luas lagi kajian dari hukum privat, yang meliputi hukum privat materil yang mana peraturan tersebut mengatur hubungan antara orang dengan orang lain oleh sebab itu banyak orang berfikir bahwa hukum perdata ialah hukum yang bersifat privat, jikalau hukum tersebut telah di langgar atau tidak dipatuhi pihak yang dirugikan maka orang tersebut yang berwenang untuk mengajukan sebuah gugatan terhadap orang tersebut. Di sini kami akan memberikan sebuah contoh yang terkait dengan hukum privat ialah seperti orang yang sedang melakukan perceraian, atau orang yang sedang melakukan jual beli rumah atau jual beli sepeda motor/kendaraan.

Perbedaan antara hukum publik dan hukum privat ini sangatlah berbeda dikarenakan di dalam pengertian tentang hukum privat itu mengatur kepentingan-kepentingan individual dengan individual yang lain dan untuk penyelesaian sengketa bisa diselesaikan dengan cara damai sehingga tidak harus memecahkan permasalahan di pengadilan. Sehingga permasalahan yang timbul di dalam hukum privat ini cenderung dapat diselesaikan dengan cara berdamai. Bagi Anda yang belum mengetahui ruang lingkup dari hukum privat ialah hukum perdata dan hukum dagang, peraturan hukum yang terkait dengan perdagangan.

Semoga dengan informasi atau artikel yang kami tulis tentang pengertian hukum privat ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan semoga menjadi sebuah wawasan yang sangat luas dan semoga bagi Anda yang memiliki permasalahan perdata yang khususnya terkait dengan hukum privat maka Anda bisa menyelesaikannya di pengadilan atau dengan diselesaikan secara lisan, dan semoga bisa menjadikan pelajaran bagi Anda yang belum tahu tentang pengertian hukum privat, good luck dan terima kasih.