Pengertian Hukum Permintaan dan Penawaran

11030 views

Dalam ekonomi terdapat demand (permintaan) dan supply (penawaran), yang saling bertemu serta membentuk satu titik pertemuan di dalam satuan kuantitas (jumlah barang) dan harga. Setiap transaksi dalam perdagangan pasti ada sebuah permintaan, penawaran kuantitas dan harga yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

pengertian hukum permintaan

Pengertian Hukum Permintaan dan Penawaran Dalam Ekonomi

Sebelum mengetahui tentang pengertian hukum permintaan dan penawaran, terlebih dahulu mengetahui definisi dari permintaan dan penawaran.

Permintaan ialah sejumlah barang yang diminta atau dibeli pada satu harga dalam waktu tertentu. Sedangkan definisi penawaran ialah sejumlah barang yang ditawarkan atau dijual pada satu harga dalam waktu tertentu. Contoh permintaan yaitu terjadi di pasar kebayoran lama, di mana pembeli bertindak sebagai permintaan, sedangkan yang bertindak sebagai penawaran adalah penjual. Ketika transaksi terjadi antara penjual dan pembeli, maka kedua belah pihak akan sepakat pada harga tertentu yang bisa saja harga tersebut dari hasil tawar-menawar.

Hukum permintaan dilatar belakangi oleh kenyataan di mana manusia harus memenuhi kebutuhannya hanya sebatas pendapatan atau anggaran tertentu. Nah disinilah masalah muncul, manusia terpaksa harus memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, sementara disisi lain anggaran yang dimilikinya terbatas. Disitulah hukum permintaan ini berfungsi.

Hukum permintaan berbunyi: jika harga naik maka jumlah permintaan (barang yang diminta) akan berkurang (mengalami penurunan), dan jika harganya turun maka jumlah permintaan (barang yang diminta) akan meningkat (mengalami kenaikan). Hukum permintaan tersebut berlaku jika faktor yang mempengaruhinya tidak berubah atau tetap, seperti selera, pendapatan masyarakat, dll. Keadaan tetap tersebut dalam ilmu ekonomi dinamakan Cateris Paribus.

Jadi sederhananya, pengertian hukum permintaan dapat diasumsikan bahwa suatu hal akan bersifat tetap, maka jika harga suatu jasa/barang naik, maka permintaan akan menurun, begitu juga sebaliknya.

Sedangkan definisi permintaan menurut para ahli, para ahli yang dimaksud disini adalah ahli ekonomi yang telah disimpulkan yaitu: hukum yang digunakan dalam kegiatan transaksi jual beli yang berupa permintaan dari pembeli atas barang dengan harga dan waktu tertentu.

Hukum penawaran berbunyi: jika tingkat harga naik, maka jumlah penawaran (barang yang ditawarkan) akan naik pula, jika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga turun. Hukum penawaran ini juga berlaku bila faktor pengaruhnya bersifat Cateris Paribus. Dengan kata lain, dalam hukum ini jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga, di sini terlihat hubungan searah antara tingkat harga dengan jumlah barang.

Secara sederhana, hukum penawaran didefinisikan dengan asumsi jika harga barang/jasa meningkat/naik, maka kuantitas barang/jasa juga akan meningkat, begitu sebaliknya.

Dari pemaparan di atas dapat diketahui bahwa definisi hukum permintaan dengan hukum penawaran berbeda, jika huku permintaan berhubungan dengan harga dan permintaan barang, maka hukum penawaran adalah hubungan antara harga dan penawaran barang.