Pengertian Hukum Perjanjian

1862 views

Pengertian Hukum Perjanjian dan Syarat Perjanjian yang Sesuai dengan Hukum

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian hukum perjanjian, simak dan perhatikan ulasan berikut. Sebelum membahas mengenai hukum perjanjian, ketahui terlebih dahulu definisi dari hukum. Hukum merupakan salah satu bagian dari aturan, kaidah ataupun norma. Hukum atau aturan ini dibuat oleh para pejabat yang berwenang. Hukum biasanya memberikan sanksi atau hukuman bagi setiap orang yang melanggarnya. Tujuannya adalah agar dapat mencapai ketertiban dan juga kepastian hukum. Lalu, apa definisi atau pengertian hukum perjanjian menurut para ahli?

pengertian hukum perjanjian

Tahukah Anda apa pengertian dari perjanjian? Perjanjian merupakan perbuatan yang melibatkan lebih dari 1 orang. Perjanjian ini dilakukan untuk mendapatkan hak dan juga kewajiban bersama-sama dengan pihak lain. Perjanjian ini dapat dilakukan oleh 2 orang atau lebih yang menginginkan tujuan tertentu, tentunya demi mendapatkan keuntungan. Untuk pengertian hukum perjanjian sendiri yaitu hukum yang mengatur antara 1 pihak dengan pihak lain yang membuat suatu keputusan atau perjanjian. Dalam perjanjian yang dilakukan, salah 1 pihak akan memberi dan pihak lainnya menerima.

Baik pihak yang memberi ataupun pihak yang menerima, keduanya mengikat dirinya dalam suatu perjanjian. Jika terdapat masalah atau konflik dalam perjanjian yang dilakukan, maka hukum perjanjian sangat dibutuhkan. Tanpa adanya hukum, perjanjian yang tidak sesuai hanya akan merugikan pihak tertentu. Definisi atau pengertian hukum perjanjian memang selalu berhubungan dengan keuntungan atau kekayaan. Oleh sebab itu, hukum perjanjian ini diperlukan karena berhubungan dengan kekayaan.

Hukum perjanjian ini tentu tergantung dari jenis perjanjian yang dilakukan. Jika Anda melakukan perjanjian pengambilan kredit, maka pengertian hukum perjanjian kredit ini berisi mengenai perjanjian perkreditan. Sebuah perjanjian sendiri terdiri dari syarat agar dapat sesuai dengan KUHP Perdata. Syarat tersebut antara lain yaitu kesepakatan yang dibuat sendiri, kecakapan dalam membuat perjanjian, mengenai hal tertentu dan faktor penyebab perjanjian yang halal. Hukum perjanjian memang penting untuk Anda ketahui. Itulah ulasan mengenai pengertian hukum perjanjian dan syarat adanya perjanjian yang sesuai dengan hukum.