Pengertian Hukum Perikatan

1259 views

Jika Anda memiliki problem-problem mengenai kekayaan maka sudah seharusnya Anda lebih memahami mengenai pengertian hukum perikatan yang membahas mengenai hal ini. Sebuah hukum dapat menjadi solusi jitu memecahkan masalah yang terjadi antar masyarakat maupun kelompok yang lebih luas lagi jika penegak hukum juga pelaku hukumnya jujur serta taat dengan aturan yang diberlakukan oleh hukum. Semua hukum bisa berjalan baik jika Anda paham dan taat dengan apa yang Anda pahami tersebut juga meyakinkan bahwa hukum akan membawa manfaat besar bagi Anda.

pengertian hukum perikatan

Perikatan atau bisa juga disebut dengan perjanjian merupakan suatu hubungan yang terjadi dalam permasalahan kekayaan yang biasanya terjadi antara dua orang maupun bisa lebih yang di mana salah satunya menjadi yang berhak atas harta tersebut misalnya dan satu yang lainnya memiliki kewajiban tertentu. Hukum perikatan merupakan sebuah hukum yang mana mengatur dalam suatu lapangan kepemilikan harta kekayaan yang bisa terjadi antara dua orang, tiga maupun lebih yang pembagiannya salah satu pihak yang bersangkutan menjadi yang memiliki hak dan pihak yang bersangkutan lainnya menjadi yang memiliki kewajiban.

Pengertian Dasar-dasar Hukum Perikatan

Sebagai sebuah hukum, perikatan juga memiliki dasar-dasar yang menjadi landasan tegaknya hukum tersebut untuk diberlakukan juga ditaati oleh masyarakatnya. Dasar hukum perikatan yang akan dibahas ini juga sebelumnya didasarkan dahulu melalui KUHPerdata yang akhirnya melahirkan beberapa dasar atau sumber, yaitu perikatan yang mana dapat muncul karena adanya kontak persetujuan atau dengan kata lain perjanjian dan selanjutnya perikatan yang mana kemunculannya didasari atau dilandasi dengan undang-undang. Menjadi semakin jelas dan bisa diikuti jika sebuah hukum memiliki dasar yang kuat yang tentu tidak akan menguntungkan salah satu pihak.

Jika Anda memahami berbagai macam hukum yang berlaku tentunya akan banyak menguntungkan Anda, karena Anda tidak akan mudah dikelabui oleh para penegak hukum yang kemungkinan telah diperdaya dengan sogokan untuk memanipulasi hukum. Masalah harta kekayaan menjadi hal yang krusial di mana sudah sewajarnya untuk menerapkan hukum membahas mengenai hal ini. Anda juga tidak ada salahnya memahami pengertian hukum perikatan yang diberlakukan sebagai pengetahuan penting untuk kehidupan. Manfaat memahami hukum akan menjadi suatu nilai tambah untuk Anda dalam menjalani kehidupan.

Tak dapat dielakkan jika masalah hukum sangat sensitif bagi sebagian bahkan banyak orang. Kebanyakannya para penegak hukum yang dengan suka rela menjual hukum dan memanipulasinya untuk kepentingan kelompok tertentu maupun pribadi. Dengan pemahaman tentang hukum Anda juga bisa membantu mengingatkan oknum hukum yang mungkin melenceng bahkan melanggar dan merugikan orang yang tidak bersalah. Harta kekayaan juga menjadi pelik jika tidak adanya hukum yang berlaku, sehingga pengertian hukum perikatan ini akan sangat membantu Anda.