Pengertian Hukum Perdata Menurut Para Ahli

4858 views

Pengertian Hukum Perdata Menurut Para Ahli Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Pengertian hukum perdata menurut para ahli akan dibagikan pada kesempatan kali ini. Anda tentu tidak asing lagi dengan hukum perdata. Walaupun tidak sepopuler seperti hukum pidana, namun hukum perdata tetap populer di kalangan masyarakat. Ulasan berikut ini penting untuk Anda simak dan perhatikan demi mengetahui hukum perdata dengan lebih baik. Dengan begitu, Anda dapat membedakan antara hukum pidana dan juga hukum perdata. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui pentingnya hukum dalam kehidupan sehari-hari.

pengertian hukum perdata menurut para ahli

Ini dia beberapa pengertian hukum perdata menurut para ahli hukum yang dapat Anda ketahui:

  • Salim HS

Menurut Salim HS, hukum perdata merupakan kaidah hukum secara menyeluruh, baik yang tertulis ataupun tidak. Hukum ini mengatur mengenai subjek hukum satu dan yang lain demi menjaga hubungan dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Riduan Syahrani

Pengertian hukum perdata menurut para ahli yang satu ini yaitu hukum yang mengatur mengenai hubungan antara satu orang dengan orang lainnya dalam kehidupan bermasyarakat. Hukum perdata menurut Riduan lebih menitikberatkan pada kepentingan pribadi atau perseorangan.

  • Van Dunne

Menurutnya, hukum perdata yaitu aturan untuk mengatur hal-hal yang esensial untuk kebebasan individu. Contohnya saja seperti orang dan juga keluarganya, perikatan dan juga hak milik.

  • F.A Vollmar

Pengertian hukum perdata menurut para ahli ini yaitu merupakan aturan atau norma yang membatasi perlindungan pada kepentingan perseorangan. Perlindungan kepentingan ini dilakukan dengan perbandingan yang tepat antara orang satu dengan lainnya dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Sudikno Mertokusumo

Pengertian hukum perdata menurut ahli yang satu ini yaitu hukum yang mengatur hak dan juga kewajiban setiap perorangan. Aturan ini mengatur setiap orang yang ada dalam keluarga atau masyarakat tersebut. Pelaksanaan hukum ini diserahkan kepada masing-masing pihak.

Selain itu, masih banyak lagi pengertian atau definisi dari hukum perdata menurut para ahli. Banyak ahli hukum yang mengungkapkan pendapat atau pandangannnya mengenai hukum perdata. Dari banyaknya pendapat yang ada, dapat ditarik garis besar bahwa hukum perdata yaitu hukum yang mengatur mengenai perlindungan perseorangan. Itulah pengertian hukum perdata menurut para ahli, semoga bermanfaat.