Pengertian Hukum Perdata Islam

1862 views

Pengertian Hukum Perdata Islam yang Harus Dipahami

Pengertian hukum perdata Islam sebenarnya tidak berbeda dengan hukum perdata pada umumnya, hanya saja hukum perdata Islam ini mengacu pada syariat Islam yang sudah ditetapkan di Al Qur’an dan juga al hadist. Secara singkat, hukum sendiri merupakan sebuah aturan atau norma yang berlaku di masyarakat. Sedangkan hukum perdata Islam mempunyai makna norma atau aturan hukum yang memuat tentang hukum perkawinan dan juga hukum waris dalam agama Islam. Hukum perdata Islam juga secara khusus mengatur permasalahan mengenai kebendaan, hak-hak atas benda, hukum jual beli, hukum sewa, hukum pinjam meminjam, hukum kerja sama, dan semua hukum yang berhubungan dengan transaksi.

pengertian hukum perdata islam

Sebenarnya pengertian hukum acara perdata dalam Islam tidak jauh berbeda dengan hukum acara perdata konvensional. Hanya saja, yang membedakan adalah dasar dan hukum yang berlaku di dalamnya. Secara umum pengertian hukum perdata Islam mencakup semua hukum yang berkaitan dengan transaksi. Dalam perdata Islam juga diatur bagaimana tata cara perkawinan dan syarat-syarat perkawinan. Tidak hanya itu, dalam Islam juga sudah diatur dengan detail bagaimana cara sewa yang benar, cara meminjam yang baik, dan juga bagaimana hukum untuk bekerja sama.

Dalam Islam juga tidak hanya membahas pengertian hukum perdata Islam saja tapi juga sudah diatur bagaimana hukum hubungan antar manusia dengan Tuhannya. Hukum perdata dalam Islam bisa dikatakan sebagai hukum hubungan antar manusia dengan manusia. Sedangkan hukum atau aturan hubungan antar manusia dan Tuhannya diatur tersendiri dalam kaidah hukum ibadah. Islam juga sudah mengatur bagaimana semestinya hukum atau hubungan antara manusia dan lingkungan. Jadi bisa dikatakan dalam Islam semua hukum sudah diatur dengan baik.