Pengertian Hukum Perdata Indonesia

627 views

Pengertian Hukum Perdata Indonesia dalam Pemahaman Masyarakat dan Ahli

Pengertian hukum perdata Indonesia sudah cukup sering didefinisikan oleh para ahli hukum dari Indonesia secara cukup beragam. Disimpulkan dari bahasa ahli yang cukup berputar dan membingungkan untuk masyarakat umum, sebenarnya dalam bahasa sederhana hukum perdata berarti hukum privat atau hukum pribadi. Segala persoalan hukum yang tidak bersentuhan dengan peristiwa kriminalitas masuk dalam kajian hukum perdata. Satu bahasan yang paling populer dalam lingkup hukum perdata adalah hukum waris dan hukum pernikahan.

pengertian hukum perdata indonesia

Persoalan perdata yang paling banyak terjadi di Indonesia memang adalah persoalan hukum perkawinan dan hukum waris. Namun pengertian hukum perdata Indonesia sebenarnya memiliki cakupan yang lebih luas dari ini, seperti hukum-hukum yang menjamin hak untuk memperoleh nama baik, memperoleh ketenangan, sewa-menyewa, masalah-masalah dalam bertetangga dan lain-lain. Kajian hukum perdata di Indonesia secara tertulis tentu tertuang dalam kitab undang-undang hukum perdata Indonesia. Jika misalnya Anda sedang memiliki masalah hukum perdata, Anda bisa mencari bagaimana aturan dan asas-asas pokoknya dalam KUHP hukum perdata ini.

Pengertian hukum perdata Indonesia memang tampaknya sudah mengalami penyempitan makna di masyarakat, dimana peradilannya hanya mengurusi masalah kawin-cerai dan waris-mewaris. Namun perlu digaris bawahi pula bahwa seringkali kuasa hukum perdata juga kurang merata ketika bersinggungan dengan hukum adat di Indonesia yang sangat beragam, seperti banyak kasus di Aceh atau Papua.