Pengertian Hukum Pajak Secara Umum

4978 views

Untuk mengetahui pengertian hukum pajak, terlebih dahulu harus mengenal apa itu pajak. Pajak adalah kontribusi wajib untuk Negara dari masyarakat atau pembayar pajak yang bersifat memaksa berdasar pada undang-undang, tidak mendapatkan imbalan, digunakan untuk kepentingan/keperluan Negara dan untuk kemakmuran rakyat. Pajak ini dibutuhkan oleh suatu Negara untuk mengatasi permasalahan bersama dan untuk kepentingan bersama.

pengertian hukum pajak

Selanjutnya pengertian hukum pajak atau biasa disebut sebagai hukum fiskal adalah sekumpulan peraturan-peraturan mengenai wewenang pemerintah dalam mengambil kekayaan seseorang untuk diserahkan kepada masyarakat kembali melalui kas Negara, sehingga ini merupakan bagian dari hukum publik yang mengatur hubungan hukum antar Negara dengan badan hukum yang mempunyai kewajiban wajib pajak.

Pengertian Hukum Pajak Menurut Para Ahli

Dalam merumuskan pengertian tersebut, banyak juga para ahli yang berbeda pendapat. Meskipun pendapat atau definisi mereka berbeda, tetapi makna atau inti dari pengertian masing-masih ahli tetaplah sama. Berikut beberapa pengertian hukum pajak menurut para ahli:

  • Menurut Rochmat Soemitro

Hukum pajak ialah suatu kumpulan peraturan atau hukum yang mengatur pemerintah sebagai pemungut pajak serta rakyat sebagai pembayar pajak. Dengan demikian, hukum pajak menerangkan subjek (yang wajib bayar pajak) dan kewajiban-kewajibannya terhadap pemerintah dan hak-hak pemerintah, objek yang dikenakan pajak, cara pengajuan dan cara penagihan dan sebagainya.

  • Menurut Dr Soeparman Soehamidjaja

Pengertian hukum pajak ialah hukum yang mengatur masalah perpajakan. Dimana pajak tersebut yang akan meringankan biaya produksi barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum.

  • Menurut Bohari dalam bukunya Pengantar Hukum Pajak (1995)

Mengatakan bahwa hukum pajak adalah suatu kumpulan dari peraturan-peraturan untuk mengatur hubungan antara rakyat dengan pemerintah, atau antara pembayar pajak dengan pemungut pajak.

Pengertian Hukum Pajak Internasional

Hukum pajak di atas hanya terbatas di suatu Negara saja. Ada juga hukum pajak yang mengatur perpajakan antar Negara, yang dinamakan hukum pajak internasional. Pengertian hukum pajak dengan hukum pajak internasional tidaklah sama, meskipun pada dasarnya menyangkut perpajakan, tapi lingkupnya berbeda. Berikut pengertian hukum pajak internasional menurut beberapa ahli:

  • Menurut Rochmat Soemitro, hukum pajak internasional ialah hukum pajak nasional yang berisi kaedah-kaedah dari traktat antar Negara dan kebiasaan yang telah diterima oleh Negara-negara lain di dunia, guna mengatur masalah perpajakan antar Negara.

Anglo Sakson berpendapat bahwa hukum pajak internasional dalam arti sempit merupakan sekumpulan kaedah pajak berdasar atas hukum antar Negara seperti konvensi, traktat-traktat, dan sebagainya yang berdasarkan sumber-sumber asing. Sedangkan dalam arti luas, yaitu sekumpulan kaedah berdasarkan pada konvensi, traktat, serta prinsip hukum perpajakan yang telah diterima oleh Negara-negara di dunia, juga kaedah nasional dengan objeknya pengenaan pajak yang mengandung unsur-unsur asing, serta dapat memicu bentrokan hukum antar dua Negara bahkan lebih.