Pengertian Hukum Oersted

1641 views

Pengertian Hukum Oersted Dalam Fisika

Pengertian hukum oersted adalah suatu hukum yang berkaitan dengan hubungan antara magnetik dengan arus listrik. Yang menemukan teori ini adalah Hans Christian Orsted melalui serangkaan percobaan yang telah ia lakukan. Apabila ingin mengetahui seputar arus listrik maupun medan magnetik, maka mempelajari teori ini akan sangat berguna bagi Anda. Karena ketika sudah mempelajari hukum oersted, maka wawasan dan pengetahuan seputar percobaan sejenis akan bertambah.

pengertian hukum oersted

Pengertian hukum oersted menurut teori ini, apabila arus yang ada di dalam sebuah penghantar mengalir menuju selatan (S) ke utara (U), maka akan terjadi perubahan. Perubahan ini adalah berupa perpindahan kutub magnet dari jarum yang terletak di bawah sebuah kawat yang selanjutnya akan memutar ke arah kutub utara atau kiri. Sedangkan jarum yang terletak di atas kawat tersebut akan memutar ke kutub selatan atau ke kanan.

Akan tetapi efek yang akan muncul bisa berbeda bahkan berlawanan apabila arus listrik yang terdapat di dalam penghantar dialirkan dari arah utara menuju selatan. Apa yang sudah ditemukan oleh orsted ini merupakan sebuah pintu masuk yang selanjutnya diikuti oleh berbagai penelitian lain tentang medan magnet yang diperoleh dari energi listrik. Beberapa ilmuwan yang melakukan penelitian lanjutan terhadap teori orsted ini adalah Felix Savart dan Jean Baptiste. Berakhirlah ulasan mengenai pengertian hukum oersted.