Pengertian Hukum Objektif

914 views

Pengertian Hukum Objektif Menurut Ahli

Pengertian hukum objektif dalam arti luas adalah sebuah hukum yang mengatur segala hal untuk kehidupan manusia. Hukum objektif ini berlaku bagi semua umat manusia tanpa terkecuali dalam sebuah negara. Dalam satu negara dengan negara lain memang memiliki hukum yang berbeda. Akan tetapi setiap hukum yang wajib untuk ditaati tanpa terkecuali adalah hukum objektif. Hukum objektif adalah sebuah hukum yang mengikat. Dengan demikian jika salah seorang melanggar hukum ini akan mendapat sangsi.

pengertian hukum objektif

Pengertian hukum objektif ini menyangkut segala hal. Baik kehidupan berkeluarga, bersosial, perseorangan atau kelompok wajib mengikutinya. Bahkan seorang presiden juga harus tunduk terhadap sebuah hukum objektif. Jika dari kaca mata karya ilmiah atau sastra pengertian hukum objektif dalam penelitian adalah sebuah hukum yang mengharuskan sebuah penelitian tersebut adalah nyata dan ada buktinya. Dengan demikian hasil penelitian bisa dipertanggung jawabkan secara hukum dan benar. Jika seseorang melanggar hukum tersebut sudah pasti penelitian yang dilakukan akan ditolak.

Dalam sebuah hukum objektif di dalamnya juga menyangkut hukum KUHP atau hukum pidana. Di mana jika orang melanggar hukum tersebut akan membuat orang tersebut akan masuk dalam penjara untuk mempertanggung jawabkan hal yang telah dilakukan. Itulah pembahasan sederhana mengenai pengertian hukum objektif. Hukum ini adalah sebuah hukum yang serius di mana jika orang melanggar hukum objektif bisa langsung dikenakan sangsi mulai dari sangsi ringan hingga sangsi berat. Semoga artikel pengertian hukum objektif ini bisa memberikan pengertian yang baik dan bisa dimanfaatkan.