Pengertian Hukum Normatif

4561 views

Pengertian Hukum Normatif Untuk Penelitian

Apakah Anda saat ini tengah melakukan sebuah penelitian atau tugas akhir yang berkaitan dengan hokum normatif? Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian hukum normatif agar Anda bisa melakukan penelitian dengan data yang valid dan akurat. Selain itu, dengan mengetahui dengan jelas dan terperinci mengenai pengertian dan arah dari penelitian mengenai hokum normatif ini, maka penelitian Anda juga akan semakin terlihat lebih berisi dan berbobot.

pengertian hukum normatif

Secara bahasa pengertian hukum normatif ini merupakan sebuah hukum yang berdasarkan teori atau berdasarkan doktrin atau mazhab tertentu. Bagi Anda yang ingin melakukan penelitian dengan menggunakan metoda hukum normatif, maka penelitian Anda akan bersifat teoritis dan berdasarkan teori yang telah ada yang Anda kembangkan berdasarkan dengan permasalahan yang menjadi fokus utama pembahasan dalam penelitian yang tengah Anda kerjakan. Dengan mengetahui secara pasti mengenai hukum normatif maka Anda akan lebih bisa mendalami penelitian yang tengah Anda garap.

Karena selain hukum normatif ada sebuah metode lagi yaitu hukum empiris. Perbedaan hukum normatif dan empiris terletak pada metodanya. Pada penelitian empiris lebih kepada studi kasus dibandingkan penyajian data secara teoritis. Ketika Anda memahami mengenai pengertian hukum normatif Anda bisa mulai mencari data berdasarkan hukum perundang-undangan, penelitian ilmiah lainnya, serta teori hukum yang mendukung dari penelitian yang sedang Anda jalankan. Semoga sukses dengan penelitian Anda.